Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Saya Akan Pamit Dengan Penuh Kehormatan

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: Kemenko Polhukam)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Mahfud MD mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan pada Rabu (31/1/2024). Melalui siaran langsung di akun Instagram @mohmahfudmd, Mahfud MD menyatakan bahwa ia sudah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah membawa surat (pengunduran diri) untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik,” kata Mahfud di Pura Walandano, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

Ia berencana menyampaikan surat pengunduran diri tersebut begitu mendapatkan jadwal bertemu dengan Jokowi. Mahfud bilang, Jokowi masih berada di luar Jakarta hingga Kamis (1/2/2024).

Cawapres nomor urut 03 itu menjelaskan alasannya ingin menyampaikan surat pengunduran dirinya langsung ke Jokowi, yakni karena ia diangkat dengan kehormatan. “Saya akan pamit dengan penuh kehormatan. Saya akan melaporkan saya sudah selesai,” ucapnya.

Mahfud menambahkan, ia bekerja dengan hati dan bekerja dengan baik selama menjadi Menko Polhukam.

“Maka saya tidak akan tinggal glanggang, colong playu (meninggalkan tanggung jawab). Saya akan pamit baik-baik,” kata Mahfud.

Sebagai informasi, Mahfud MD menjabat sebagai Menko Polhukam sejak 23 Oktober 2019. Mahfud MD merupakan satu di antara menteri Jokowi yang dipilih sebagai Menko Polhukam dengan latar belakang profesional.

Diketahui saat ini Mahfud menjadi Cawapres nomor urut 3 berpasangan dengan Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menko Polhukam. Jokowi mengatakan, dirinya sangat menghargai keputusan yang diambil Mahfud tersebut untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam.

“Itu hak, dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi, Rabu (31/1/2024). Meski begitu, Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan atau surat pengunduran diri Mahfud sebagai Menko Polhukam.

“Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” ucap Jokowi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*