Manajer Wedding Organizer Ditetapkan sebagai Tersangka Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo

Tersangka Kebakaran Bromo
Tersangka Kebakaran, Kebakaran Hutan, hutan dan lahan (karhutla) di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Gunung Bromo (6'09/2023). (Polres Probolinggo)
Mari berbagi

JoSS, PROBOLINGGO – Polres Probolinggo telah menetapkan seorang tersangka terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Gunung Bromo. Tersangka tersebut adalah AW (41), seorang manajer Wedding Organizer asal Lumajang.

Baca Juga: Kebakaran di Kawasan Bromo Masih Berlanjut dan Meluas, Tornado Api Viral di Media Sosial

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah penyidik Polres Probolinggo menemukan dua alat bukti yang mengarah ke AW. Selain itu, AW juga tidak memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi). AW disebut bertanggung jawab atas aksi sekelompok orang yang menyalakan flare saat sesi foto pre-wedding calon pengantin di Bukit Teletubbies Bromo.

Kapolres Probolinggo, Ajun Komisaris Besar Wisnu Wardana, mengungkapkan bahwa barang bukti seperti korek, flare, kamera, dan baju pengantin berhasil diamankan dari tersangka AW.

Baca Juga: Kawasan Gunung Bromo Terbakar Lagi Gegara Pengunjung Gelar Prewedding Gunakan Flare

Selain AW, lima orang lainnya, termasuk pasangan calon pengantin asal Surabaya dan tiga orang dari Wedding Organizer dari Sidoarjo dan Surabaya, masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Polisi juga menyebut ada potensi tersangka lain yang bisa bertambah.

AW dijerat dengan Pasal 50 ayat 3 huruf D Jo Pasal 78 ayat 4 UU nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan sebagaimana diubah dalam pasal 50 ayat 2 huruf b Jo Pasal 78 ayat 5 UU nomor 6 tahun 2023 tentang penetapan PP pengganti UU RI nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi UU, dan/atau Pasal 188 KUHP. Ancaman hukuman maksimal adalah 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp1,5 miliar.

Baca Juga: Padang Savana Gunung Bromo Terbakar, Upaya Pemadaman Terus Dilakukan

Kejadian kebakaran di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Gunung Bromo bermula saat sekelompok pengunjung melakukan sesi foto pre-wedding pada Rabu (6/9). Mereka diduga menyalakan flare yang memicu terjadinya kebakaran. Akibatnya, wisata Gunung Bromo dan sekitarnya ditutup sementara untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang. Petugas sedang melakukan pemadaman kebakaran. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*