Profesor Tamu Internasional Dari Australia Menginspirasi Mahasiswa Departemen Pendidikan IPA UNY

IPA UNY
Departemen Pendidikan IPA UNY menyelenggarakan kegiatan visiting professor dengan menghadirkan Prof. Amy Cutter-Mackenzie-Knowles dari Southern Cross University, Australia. Prof. Amy merupakan Profesor di bidang Sustainability, Environment and Education. (foto: uny.ac.id)
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Departemen Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan istimewa dengan mengundang Prof. Amy Cutter-Mackenzie-Knowles dari Southern Cross University, Australia. Prof. Amy merupakan seorang ahli di bidang Keberlanjutan, Lingkungan, dan Pendidikan.

Ia juga menjabat sebagai Dekan Eksekutif Fakultas Pendidikan dan merupakan pemimpin Riset dalam ‘Sustainability, Environment, the Arts in Education’ (SEAE) Research Cluster. Dalam karirnya, Prof. Amy telah menerbitkan lebih dari 150 publikasi terkait ontologi dalam alam serta orientasi teoritis sosioekologis dan terbaru, posthumanis.

Dikutip dari uny.ac.id, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari Senin hingga Rabu, tanggal 7-9 Agustus 2023, di Ruang Seminar FMIPA UNY. Kegiatan ini diikuti oleh 92 mahasiswa semester 3 dari Departemen Pendidikan IPA UNY, karena mereka sedang mengambil mata kuliah Ilmu Lingkungan. Topik yang disajikan oleh Prof. Amy sangat relevan dengan mata kuliah tersebut.

Baca Juga: UNY Buka Program Magister Manajemen, Segini Biaya Kuliahnya

Pada hari pertama, mahasiswa diajarkan tentang topik ekologi dan literasi ekologi. Prof. Amy tidak hanya memberikan kuliah kepada mahasiswa semester 3, tetapi juga berbagi pengalaman dalam sesi diskusi dengan para dosen dari Departemen Pendidikan IPA. Diskusi ini sangat meriah dengan topik pendidikan berkelanjutan dan peluang penelitian dalam pendidikan lingkungan.

Hari kedua merupakan saat mahasiswa keluar kelas dan berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar. Topik yang dibahas termasuk Posisi Manusia dalam Sistem Lingkungan dan Permasalahannya serta Teknologi Ramah Lingkungan.

Prof. Amy menekankan pentingnya melihat, mendengar, merasakan, dan berpikir dalam menghubungkan mahasiswa dengan lingkungan. Dalam pendidikannya, Prof. Amy fokus pada persiapan mahasiswa menjadi guru yang memiliki pemahaman mendalam tentang lingkungan dan peduli terhadapnya.

Hari ketiga, Prof. Amy membawa bahan nyata terkait pencemaran lingkungan seperti air tercemar. Topik yang dibahas adalah Pencemaran Lingkungan. Mahasiswa diajak untuk berdiskusi tentang jenis-jenis pencemaran, penyebabnya, serta solusi dalam mengatasi masalah lingkungan.

Selain itu, Prof. Amy juga membawa terrarium sebagai objek nyata untuk mengidentifikasi komponen-komponennya dan bagaimana terrarium dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Para mahasiswa merasa senang dan bersemangat selama mengikuti program profesor tamu ini, karena mereka mendapat pemahaman baru tentang lingkungan dari perspektif yang berbeda. Program ini memberikan dampak yang kuat bagi peningkatan pemahaman lingkungan mahasiswa UNY. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*