1.500 Personel Gabungan Siap Amankan Rangkaian Muktamar Sufi Internasional di Kota Pekalongan

Muktamar Sufi Pekalongan
Jajaran Polres Pekalongan Kota menyelenggarakan kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Rangkaian Kegiatan Muktamar Sufi di Kota Pekalongan, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat (25/8/2023). (foto: batik tv)
Mari berbagi

JoSS, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Albertus Recky Robertho menyatakan pihaknya menyiagakan 1.500 personel gabungan untuk mengamankan Rangkaian Kegiatan Muktamar Sufi di Kota Pekalongan pada 28-31 Agustus 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Jajaran Polres Pekalongan Kota dalam rangka Pengamanan Rangkaian Kegiatan Muktamar Sufi di Kota Pekalongan, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jumat (25/8/2023)

Seperti diketahui, Kota Pekalongan ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 selama 4 hari mulai tanggal 28-31 Agustus 2023.

Multaqo Sufi Al Alamy tahun 2023 merupakan penyelenggaraan yang ke dua kalinya. Pertama kali Multaqo Sufi Al Alamy atau Muktamar Sufi digelar pada tahun 2019 silam.

Salah satu hasilnya adalah menetapkan Habib Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Forum Sufi Dunia, atau yang kini berubah nama menjadi Majelis Sufi Dunia atau World Sufi Assembly.

Baca Juga: Kota Pekalongan Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Dunia, Presiden Jokowi dan Ulama Sufi dari 60 Negara Akan Hadir

Kegiatan ini dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh para ulama Sufi dari 60 negara serta 1000 orang ulama nasional.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Albertus Recky Robertho menyampaikan bahwa, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam rangka rangkaian kegiatan Muktamar Sufi Internasional di wilayah Kota Pekalongan bisa berjalan dengan aman, baik, dan kondusif.

Menurutnya, pengamanan ini turut melibatkan jajaran TNI, Polri, Pemerintah Kota Pekalongan (Dinkes, Satpol PP, Damkar, Dinkes, PMI), Brimob Batalyon B Pelopor, jajaran kepolisian eks wilayah Pekalongan, hingga organisasi masyarakat.

“Kami juga meminta bantuan personel dari eks wilayah jajaran Pekalongan maupun Polda Jateng. Total personel yang dikerahkan ada sekitar 1.500 orang karena rangkaian kegiatan Muktamar Sufi Internasional ini ada di beberapa titik lokasi mulai tanggal 28-31 Agustus 2023,” terang AKBP Recky, dikutip dari batiktv.

AKBP Recky menyebutkan, kegiatan yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo ini terbagi menjadi beberapa titik di wilayah Kota Pekalongan yakni di Stadion Hoegeng, Kanzus Sholawat, untuk penginapan para tamu luar negeri di Hotel Shantika dan Howard Johnson, dan untuk tamu nasional menginap di rumah-rumah warga dan untuk pembukaan kegiatan Muktamar Sufi Internasional ini dilaksanakan di Hotel Sahid Mandarin.

Oleh karena itu, melalui kegiatan apel ini untuk memastikan situasi dan kondisi keamanan di tengah masyarakat selama pelaksanaan kegiatan ini berlangsung berjalan kondusif.

“Tidak hanya para peserta Muktamar Sufi saja yang merasakan aman dan nyaman selama berada di Kota Pekalongan, tetapi juga masyarakat Kota Pekalongan juga harus aman dan nyaman selama pelaksanaan kegiatan ini,” terangnya.

“Kami berharap, perlunya sinergitas, saling mendukung dan melaksanakan tupoksi masing-masing dan bisa saling menjaga masyarakat agar bisa tetap nyaman dan kondusif serta rangkaian kegiatan Muktamar Sufi Internasional ini bisa terkendali, kondusif, dan lancar,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Soesilo yang hadir mewakili Walikota Pekalongan.

” Secara teknis, nanti di lapangan, antar personel harus kenal, saling bekerjasama, dan bertanggung jawab dengan tugas masing masing. Saat melaksanakan kegiatan ini, personel diminta tingkatkan kewaspadaan dan jangan lengah. Laksanakan kegiatan pengamanan ini dengan santun, merakyat, jangan sekali sekali menyakiti ataupun merugikan masyarakat,” jelas Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya melalui Kasdim Mayor Arh Akhmad Thohir. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*