Anggaran Tak Kunjung Turun, Penyelenggaran ANOC World Beach Games 2023 di Bali Batal!

ANOC World Beach Games 2023 Bali
ANOC World Beach Games 2023 Bali (www.anocolympic.org)
Mari berbagi

JoSS, BALI – Association of National Olympic Committees (ANOC) resmi mengumumkan pembatalan gelaran World Beach Games 2023 yang sedianya digelar di Bali 5-12 Agustus mendatang. Hal itu diungkap ANOC melalui media sosial resminya, Selasa (4/7/2023) malam WIB.

Keputusan ini terbilang mengejutkan, sebab ANOC World Beach Games 2023 akan berlangsung satu bulan lagi, yakni pada 5-12 Agustus mendatang.

“Dengan sangat terkejut dan sangat kecewa, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Sidang Umum ANOC pada bulan Agustus 2023,” bunyi keterangan resmi ANOC.

Dalam keterangannya, ANOC juga mengatakan bahwa penyebab pengunduran diri Bali sebagai tuan rumah adalah karena anggaran yang tak kunjung turun.

ANOC pun menyampaikan kekecewaannya karena keputusan yang mendadak ini. Waktu yang mepet itu juga membuat ANOC kesulitan mencari tuan rumah baru untuk World Beach Games tahun ini.

“ANOC sangat kecewa dengan keputusan LOC yang menghalangi atlet dari 100 cabang olahraga untuk memenuhi ambisi mereka bersaing di turnamen tersebut,” tulis ANOC, sebagaimana dikutip dari bisnis.com.

“KOI [Komite Olimpiade Indonesia] menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah anggaran tidak kunjung cair dari Pemerintah Indonesia dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan pesta olahraga tersebut,” bunyi pernyataan ANOC.

Baca Juga: Koster Juga Tolak Tim Israel Bertanding di ANOC World Beach Games di Bali Agustus Mendatang

Berikut kronologi batalnya Bali jadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023:

Bali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah edisi kedua ANOC World Beach Games. Sebelumnya, turnamen ini berlangsung di Qatar pada 2019.

Keputusan menunjuk Bali sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games sudah disampaikan pada Juni 2022 oleh Ketua Interim ANOC, Robin Mitchell.

Mitchell mengatakan, Bali cocok menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games karena memiliki pantai terindah di dunia. Saat ramai penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20 awal tahun ini, ANOC World Beach Games pun terkena imbasnya.

Pasalnya, ANOC sempat menyebut beberapa atlet dari Israel akan turun gelanggang dalam World Beach Games tahun ini. Misalnya saja Eva Fabian, atlet renang Israel yang akan tampil di cabang Open Water Swimming nomor 5 kilometer putri.

Di sisi lain, Gubernur Bali I Wayan Koster menjadi pihak yang paling gencar menolak timnas Israel di Piala Dunia U-20. Koster menyebut penolakan terhadap Israel didasarkan pada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) yang mengatur hubungan diplomasi dengan negara lain.

Gubernur Bali Wayan Koster memastikan siap untuk membatalkan pergelaran Association of National Olympic Committees (ANOC) World Beach Games 2023 pada Agustus mendatang sebagai bentuk penolakan terhadap kontingen Israel.

Wayan Koster menyatakan dirinya tetap bersandar kepada konstitusi yang masih berlaku di Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya tetap menolak kedatangan kontingen Israel yang akan hadir di ANOC World Beach Games pada 5-12 Agustus 2023 di Bali.

Menurutnya, saat ini sikapnya berpatokan pada konstitusi dan juga Permenlu No 3 tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah yang melarang untuk mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia.

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” ucap Wayan Koster melalui rilisnya, Rabu (5/4/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo kemudian memastikan bahwa atlet Israel tak akan hadir di ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Dito memastikan tak ada nama Israel dalam daftar negara yang menjadi peserta ANOC World Beach Games.

Menteri muda tersebut juga menyebut tak ada penolakan atas penyelenggaraan event internasional tersebut. Sayangnya, setelah pro kontra kehadiran Israel selesai, masalah baru justru muncul. ANOC World Beach Games 2023 harus batal karena terkendala dana. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*