Pengobatan Alternatif Ida Dayak Viral, Antrian Pasien Capai Ribuan

Pengobatan Alternatif Ida Dayak
Pengobatan Alternatif Ida Dayak (Tangkapan Layar YouTube Petualang Ibu Dayak)
Mari berbagi

PELAKSANAAN pengobatan alternatif Ida Dayak yang rencananya  berlangsung di GOR Madivif 1 Kartika, Kostrad Cilodong, Depok, pada Senin (3/4/2023), terpaksa dibatalkan. Pasalnya, ribuan pasien dan warga yang antre sejak subuh menyesaki lapangan terbuka itu ricuh saat Ida Dayak datang sekitar pukul 16.45 WIB.

Kondisi itu membuat Ida Dayak enggan melanjutkan pengobatan alternatifnya. “Ibu Ida tidak bersedia atau tidak mampu untuk melakukan pengobatan, karena kondisinya ramai sekali,” kata Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun di lokasi, Senin.

Bobby menegaskan bahwa pelaksanaan pengobatan alternatif Ida Dayak juga dipastikan tak akan ada di hari esok. Pihak Kostrad akan melakukan evaluasi terlebih dulu sebelum mengadakan acara serupa. “Besok, saya pastikan tidak ada praktik pengobatan, saya evaluasi dulu. besok saya pending dulu,” imbuh dia. Batalnya acara pengobatan alternatif Ida Dayak itu membuat ribuan pasien kecewa.

Ida Dayak disebut-sebut sebagai seorang perempuan sakti yang sedang viral di Tiktok. Dia memiliki kemampuan di luar nalar. Dapat menyembuhkan berbagai keluhan atau penyakit, seperti menyembuhkan penyakit stroke atau pun meluruskan tulang yang bengkok.

 Ida Andriyani (51 tahun), perempuan Dayak, kini menetap di Provinsi Jawa Barat (Jabar) sejak tahun 2021, lagi jadi perbincangan hangat.

Ida Andriyani kelahiran Lotik, Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), diklaim bisa menyembuhkan tulang bengkok, keseleo hingga kelumpuhan.

Dalam video, facebook, TikTok @idadayak7, tiktok @ida_dayak _official dan akun @Petualang, memperlihatkan Ida Andriyani mengobati pasien hanya diolesi minyak.

Semua keluhan Ida Andriyani dengan cara yang santai, sambil mengobrol, dan tidak menggunakan banyak alat bantu. Ida Andriyani hanya mengoleskan minyak berwarna merah pada anggota tubuh yang akan diobati, berdoa.

Kemudian, Ida Andriyani secara perlahan mengembalikkan tangan atau kaki yang bengkok ke posisi semula.

Sebelum Ida Andriyani mengobatinya ibu sempat menanyakan kondisinya pada sang anak, dijawab jika selama ini ibunya tidak bisa bicara dan tidak bisa jalan.

Ida Andriyani mengoleskan dan mengusap-usap minyak bintang dengan mulut komat-kamit seperti membuang segala penyakit yang ada dalam tubuh pasien.

Tak berapa lama kemudian, Ida Andriyani minta pasien mengikuti ucapannya yang ternyata bisa diucapkan pasien yang selama ini tak bisa bicara. Semua kalimat yang diucapkan Ida Andriyani bisa diucapkan pasien.

Sejak menetapkan di Jawa Barat, Ida Andriyani dan suaminya, melakukan pengobatan tradisional dari pasar ke pasar secara gratis.

Proses pengobatannya pun terbilang cukup cepat. Hanya dengan sekali urut tulang yang bengkok dapat kembali lurus. Pasien yang tadinya tidak mampu berjalan akhirnya bisa berjalan lagi.

Tidak hanya itu, dalam videonya yang viral di Tiktok, Ida Dayak juga bisa membuat pasiennya yang tadinya tuli dan bisu bisa mendengar dan berbicara.

Saat mengobati pasiennya, Ida Dayak hanya menggunakan minyak berwarna merah dari Suku Dayak. Minyak ini dioleskan ke tangan pasiennya yang bengkok sambil memijatnya. Saat mempraktikkan pengobatan alternatif ini, Ida juga melakukan ritual menari.

Pengobatan alternatifnya diberi nama Ibu Dayak Minyak Bintang. Minyak gosok ini sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun. Untuk balas jasa praktiknya ia tidak meminta bayaran, tetapi untuk mengganti minyak pijatnya seharga Rp50/botol ia terima. Namun, masyarakat perlu hati-hati jika ingin membeli minyak ini, karena banyak penipuan

Walaupun tampaknya rasional tetapi hasil penanganannya terhadap pasien tetap harus dapat diverifikasi secara empiris, jika tidak akan dituduh sebagai suatu bentuk kebohongan publik. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*