Djoko Setijowarno Dukung Mudik Gratis Jadi Program Nasional Lebaran dan Nataru

Djoko Setijowarno Dukung Mudik Gratis
Ilustrasi Mudik (Odua Images)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno dukung langkah pemerintah mengadakan program mudik gratis lebaran 2023. Sebab, mudik gratis bisa membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk pulang ke kampung halaman.

“Program mudik gratis juga mendorong pengurangan mudik dengan sepeda motor. Sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas,” kata Djoko lewat keterangan tertulis, Jumat, 14 April 2023.

Pasalnya, lanjut Djoko, mudik menggunakan sepeda motor menduduki posisi kedua setelah mobil pribadi. Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan tahun 2023, penggunaan sepeda motor untuk mudik mencapai 25,13 juta orang atau 20,30 persen.

Sementara itu, mudik menggunakan mobil pribadi mencapai 27,32 juta orang atau 22 persen, bus 22,77 juta orang atau 18,39 persen, kereta api antarkota sebanyak 14,47 juta orang atau 11,99 persen, dan mobil sewa sebanyak 9,53 juta orang atau 7,70 persen.

Djoko pun menilai program mudik gratis saat perayaan Idulfitri maupun Natal dan Tahun Baru (Nataru) bisa menjadi program nasional. Dengan begitu, pelaksanaannya tidak hanya tersentralisasi di Pulau Jawa dan sebagian Pulau Sumatera. Namun, bisa dilaksanakan di daerah-daerah kepulauan yang menggunakan kapal sebagai moda transportasinya.

“Sumber dananya bisa dari APBN dan APBD, tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BUMN, atau dari program CSR perusahaan swasta,” ujar Djoko.

Akan tetapi supaya tidak salah sasaran, menurut Djoko pemerintah perlu melakukan seleksi berdasarkan kartu-kartu yang dikeluarkan Kementerian Sosial, seperti kartu  Program Keluarga Harapan (PKH). “Supaya mereka, masyarakat kelas menengah ke bawah, bisa turut serta merasakan kegembiraan saat mudik,” ujar dia.

Adapun untuk mudik gratis 2023 ini, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat menyediakan kuota mudik gratis sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.  Sementara Dirjen Perhubungan Laut menyediakan kuota 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang, dan Dirjen Perkeretapian menyediakan kuota untuk 10.440 sepeda motor dan 46.720  penumpang.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Sebab menurutnya, sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Menhub, Senin, 13 Maret 2023, dikutip dari siaran pers Kementerian Perhubungan.

Budi Karya menjelaskan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor, dimana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang  dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

“Kami lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” ujar dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*