538 WNI Dievakuasi dari Khartoum di Tengah Konflik Sudan

Konflik Sudan WNI
Pemerintah RI mengevakuasi WNI dari Sudan. (Humas Kemlu)
Mari berbagi

JoSS, SUDAN – Kementerian Luar Negeri menyatakan sebanyak 538 Warga Negara Indonesia (WNI) sedang dievakuasi dari Khartoum di tengah konflik bersenjata yang terjadi di Sudan.

Berdasarkan keterangan tertulis Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, evakuasi tersebut dilakukan dengan delapan bus dan satu mini bus KBRI.

“Evakuasi tahap satu ini berangkat dari Khartoum pada Minggu tanggal 23 April pukul 08.00 WS (13.00 WIB),” sebut Menlu Retno Marsudi.

Diperkirakan waktu tempuh perjalanan darat dari Khartoum menuju Port Sudan memerlukan waktu sekitar 15 jam atau sekitar 830 kilometer melalui kota Atbara, Damir, Mismar dan Kota Sawakin.

“Alhamdullilah, pada pukul 01.00 dini hari WS atau pukul 06.00 pagi WIB pada hari ini, 538 WNI telah tiba dengan selamat di Kota Port Sudan,” sambung Retno.

Saat ini, 538 WNI tersebut sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut.

Para WNI yang dievakuasi sebagian besar merupakan mahasiswa Indonesia, Pekerja Migran Indonesia (PMI), karyawan perusahaan Indofood dan staf KBRI beserta keluarganya. Mereka terdiri dari 273 perempuan, 240 laki-laki dan 25 balita.

Menurut Retno, operasi evakuasi akan dilakukan dalam gelombang berikutnya akibat keterbatasan bahan bakar untuk bus pengangkut.

“Terdapat 289 WNI lainnya, yang sebagian besar adalah mahasiswa dan lima pekerja perusahaan, akan dievakuasi pada tahap kedua pada kesempatan pertama,” papar Retno.

Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri menghimbau agar setiap WNI yang berada di Sudan dan belum melaporkan diri segera melaporkan keberadaannya ke KBRI Khartoum agar dapat diikutsertakan dalam evakuasi tahap kedua.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani  menuturkan total  850 WNI yang akan dievakuasi dari Sudan yang sedang dihantui konflik antara 2 faksi militer dan pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) yang pecah sejak pekan lalu. Mayoritas WNI di Sudan berstatus mahasiswa.

“Evakuasi menjadi langkah tepat untuk situasi yang terus memburuk di Sudan. Kami berharap WNI kita yang akan mulai keluar dari Sudan bisa selamat sampai di Tanah Air,” ungkap Christina dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (25/4/2023).

Berdasarkan komunikasi dengan Dirjen Protokoler Konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, proses evakuasi dilakukan melalui jalan darat dari Khartoum menuju Pelabuhan Sudan dengan jarak sekitar 1.200 km.  Selanjutnya, menyeberang menggunakan kapal menuju Jeddah, lalu diterbangkan dari Jeddah ke Jakarta.

“Proses ini tentu tidak mudah. Kita doakan semuanya berjalan lancar, tidak ada hambatan berarti khususnya dalam perjalanan menuju pelabuhan Sudan,” kata Christina.

Sebagai informasi, konflik di Sudan dipicu perebutan kekuasaan 2 faksi militer utama, yang mengakibatkan gagalnya proses transisi pemerintahan sipil sejak digulingkannya pemimpin diktator Omar al-Bashir. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) mengatakan 413 orang menjadi korban tewas selama pertempuran militer di Sudan. Menurut data pemerintah Sudan, sebanyak 413 korban tewas dan 3.551 orang terluka. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*