Siap-siap! Sebagian Wilayah di Jateng Masuk Musim Kemarau di Pertengahan April 2023

musim kemarau jateng
Ilustrasi (Nirut Sangkeaw)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Jateng memasuki musim kemarau pada pertengahan April 2023.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Sukasno dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan musim kemarau paling awal terjadi pada dasarian kedua April.

“Kemarau di Jawa Tengah umumnya diprakirakan terjadi pada Mei 2023,” katanya, dilansir dari Antara.

Sejumlah wilayah yang paling awal memasuki kemarau, antara lain Kota Pekalongan, Kabupaten Rembang, sebagian wilayah Kabupaten Demak, Jepara, Kudus, Pati, Kabupaten Pemalang bagian utara, Kabupaten Wonogiri bagian selatan, wilayah timur laut Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Pekalongan, dan Blora wilayah utara.

Adapun sebagian wilayah di Jawa Tengah, menurut dia, diprakirakan akan mengalami kemarau paling akhir di pertengahan Juni 2023.

Ia menjelaskan berdasarkan perkembangan kondisi fisik serta dinamika atmosfer regional maupun global, El Nino Southern Oscillation menunjukkan kondisi netral dan diprediksi tetap netral hingga pertengahan tahun 2023.

Sementara Indian Ocean Dipole, lanjut dia, menunjukkan kondisi positif dan diprediksi netral hingga bulan September 2023.

Sukasno menuturkan puncak kemarau 2023 diprakirakan terjadi pada Agustus. Sedangkan lama kemarau bervariasi antara 3,5 hingga 7,5 bulan.

“Memasuki masa transisi dari musim hujan ke kemarau, masyarakat diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem, seperti petir, angin kencang, puting beliung, serta hujan lebat dengan waktu singkat,” katanya.

Sementara itu, Prof Rizaldi Boer selaku Kepala Center for Climate Risk and Opportunity Management di Asia Tenggara dan Pasifik (CCROM-SEAP) IPB University menjelaskan, prakiraan hujan secara eksperimental bulan Januari hingga Maret dari BMKG dan CCROM IPB University relatif konsisten.

Menurutnya, prakiraan ENSO (El Niño and the Southern Oscillation) tahun 2023 menunjukkan kemungkinan terjadinya El Nino dengan peluang di atas 50 persen setelah bulan Juni. Baik model secara statistik dan dinamik menunjukkan Indonesia akan mengalami El Nino relatif tinggi.

“Di samping itu terdapat keeratan hubungan antara lautan pasifik terkait ENSO di Indonesia dengan kenaikan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik yang juga berpengaruh terhadap curah hujan di Indonesia,” jelasnya dalam situs IPB dikutip Jumat (10/3/2023).

Pada tahun 2019, Indonesia juga sempat dilanda El Nino di mana cuaca terasa sangat panas dari biasanya. Nah, apa itu El Nino?

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan di Indonesia.

Dalam situs BMKG, La Nina terjadi saat SML di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*