Ngeri! Pilot Sakit Perut Lalu Pingsan Saat Penerbangan, Penumpang Ambil Alih Kendali

pilot pingsan saat penerbangan
Ilustrasi (Kelly Lacy/Pexels
Mari berbagi

JoSS, LAS VEGAS – Seorang kapten pilot sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) tiba-tiba sakit dan jatuh pingsan saat pesawat masih mengudara. Beruntung, seorang penumpang yang berprofesi sebagai pilot dari maskapai lain mengambil alih kendali dan berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

Kejadian tersebut dialami penerbangan Southwest Airlines 6013 saat terbang dari Las Vegas ke Columbus di Ohio pada hari Rabu (22/3/2023) lalu. “Penerbangan mendarat dengan selamat, dan awak pesawat alternatif mengoperasikan penerbangan ke CMH (Columbus),” kata pihak Southwest Airlines dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Independen.

Penerbangan itu kembali ke Las Vegas dua jam setelah lepas landas. “Kami memuji para kru atas profesionalisme mereka dan menghargai kesabaran dan pengertian pelanggan kami terkait situasi ini,” lanjut maskapai tersebut, seperti dikutip The Independent, Jumat (24/3/2023).

Dalam lalu lintas radio yang diarsipkan oleh situs web LiveATC, terdengar seseorang mengatakan bahwa kapten pilot mulai merasakan sakit perut dan kemudian pingsan atau menjadi tidak berdaya sekitar lima menit kemudian.

Orang tersebut mengatakan kapten “come back” sekitar 60 detik kemudian dan sedang dirawat di bagian belakang pesawat. “Kita harus segera membawanya ke ambulans,” kata orang itu.

Penduduk Las Vegas, Diane McGlinchey, yang berada dalam penerbangan bersama suaminya, mengatakan kepada NBC News bahwa dia tidak melihat adanya kepanikan ketika anggota kru awalnya datang ke sistem pengumuman publik pesawat untuk menanyakan apakah ada petugas medis di dalamnya.

“Seorang penumpang yang duduk di depan yang mengatakan dia adalah seorang perawat menyalakan lampu panggilannya untuk membantu,” kata McGlinchey.

Dia menambahkan bahwa dia dan suaminya berada di kursi belakang dan tidak menyadari bahwa kapten pilot-lah yang membutuhkan bantuan, tetapi tahu bahwa orang yang sakit itu bersama perawat di barisannya.

“Para kru dengan tenang hanya akan memberi kami pembaruan yang mengatakan kami akan kembali ke Las Vegas, kami memiliki keadaan darurat medis,” kata McGlinchey. Maskapai Southwest Airlines tidak mengungkap sosok penumpang—pilot maskapai lain—yang berjasa mengendalikan pesawat hingga mendarat dengan selamat.

Rincian jumlah penumpang juga tidak diungkap. Pada hari yang sama, Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan peringatan keselamatan kepada maskapai penerbangan, pilot, dan lainnya tentang perlunya kewaspadaan dan perhatian terus-menerus untuk mengurangi risiko keselamatan setelah serangkaian tabrakan hampir terjadi.

“Sementara jumlah keseluruhan tidak mencerminkan peningkatan insiden dan kejadian, potensi keparahan peristiwa ini mengkhawatirkan,” kata FAA. Badan tersebut mengadakan pertemuan puncak keselamatan minggu lalu menyusul enam insiden landasan pacu serius yang telah terjadi sejak Januari.

“Operator harus mengevaluasi informasi yang dikumpulkan melalui proses manajemen keselamatan mereka, mengidentifikasi bahaya, meningkatkan dan meningkatkan komunikasi keselamatan dengan karyawan dan memberlakukan mitigasi,” bunyi peringatan tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*