WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Proxy, Begini Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Fitur Proxy WhatsApp
Ilustrasi; Fitur Proxy WhatsApp (bongkarngraphic)
Mari berbagi

APLIKASI pengiriman pesan instan WhatsApp mengeluarkan fitur baru proxy yang membuat masyarakat bertanya-tanya apa sih fungsi dan maksudnya?

Proxy WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa paket data. Fitur terbaru ini diluncurkan karena sejumlah pengguna WhatsApp beberapa kali menemui kendala ketika ingin menggunakan layanan ini.

WhatsApp dalam keterangan resminya, mengatakan server proxy ini bisa membantu pengguna tetap terhubung ke WhatsApp dan dapat berkomunikasi dengan normal. Selain itu, WhatsApp juga menjamin pengguna dapat berkomunikasi secara bebas dan privat.

“Kami terus memperjuangkan hak Anda untuk berkomunikasi secara bebas dan privat. Sekarang, saat terhubung ke WhatsApp secara langsung tidak memungkinkan, Anda dapat tetap terhubung di seluruh dunia melalui server yang dibuat oleh sukarelawan dan organisasi yang didedikasikan untuk membantu orang lain berkomunikasi dengan bebas,” ujar WhatsApp dalam unggahan Twitter, Kamis (5/1/2023).

Setelah mengetahui apa itu proxy WhatsApp dan fungsinya, berikut ini terdapat cara mengaktifkannya, seperti dilansir dari situs resmi Universitas Gunadarma.

1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Buka bagian Settings.
3. Buka bagian Storage and data.
4. Buka Proxy settings.
5. Aktifkan proxy.
6. Pilih set proxy dan masukkan alamat proxy.

Untuk alamat proxy, WhatsApp tidak menyediakannya. Pengguna harus mencari sendiri alamat server proxy yang aman dan bisa digunakan di suatu wilayah. Fitur proxy ini tersedia untuk semua pengguna, baik yang menggunakan Android maupun iOS.

WhatsApp juga memberi peringatan ketika pengguna ingin mengaktifkan fitur proxy ini, yaitu gunakan proxy ketika tidak bisa terhubung ke WhatsApp.

 “Hanya menggunakan proxy ketika tidak bisa terhubung ke WhatsApp. IP Address Anda dapat terlihat oleh penyedia proxy, tetapi bukan WhatsApp,” kata WhatsApp. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*