Buwas Ungkap Ada Mafia Beras Yang Sengaja Menjual Dengan Harga Mahal!

Buwas Mafia Beras
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Istimewa)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas mengungkap ada mafia yang sengaja menjual beras dengan harga mahal. Hal ini yang membuat harga beras di pasaran masih tinggi.

Menurut Buwas, mafia tersebut hadir ketika Bulog melakukan intervensi beras ke pasar. Harga beras tersebut dijual dari gudang Bulog seharga Rp 8.300, tetapi sampai ke pedagang lebih dari itu.

“Benar, saya sudah cek ke pedagang melapor ke saya ‘karena saya membelinya sudah mahal pak, sekian-sekian’ ‘karena saya membelinya tidak bisa melalui Bulog harus melalui ini itu.’Sebenarnya saya sudah tahu, dan saya tidak bodoh-bodoh amat. Tanda kutip ada mafia itu memang ada. Saya nanti kasih tahu,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan pada Live Instagram Perum Bulog, Jumat (20/1/2023).

Buwas menegaskan, bahwa pedagang pasar bisa membeli beras di gudang Bulog langsung. Jadi, bisa mendapatkan harga yang lebih murah yakni Rp 8.300/kg.

Ia juga mengatakan jika ada oknum Bulog yang tidak melayani arahan itu, dia tidak akan segan memecatnya. Apa lagi oknum itu yang melakukan penimbunan hingga beras hilang.

“Saya tahu permainan-permainan di Bulog. Saya gak ada ragu-ragu untuk memecat yang bersangkutan. Seperti di Sulawesi Selatan beras hilang dipinjam, alasan apapun itu salah. Dipidana dan pecat duluan aja,” tegasnya.

Dia mengakui belum menggelontorkan beras impor ke pasar. Pihaknya baru berencana melepas 100 ribu ton dalam sepekan ke depan.

Pasalnya, kata dia, pihaknya harus memastikan semua kelengkapan fakta terkait beras impor itu benar adanya. Termasuk soal volume dan kualitas beras.

Seperti diketahui, pemerintah menugaskan Bulog mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton pada akhir tahun 2022 lalu. Akibat menipisnya cadangan beras pemerintah (CBP), sementara harga beras di dalam negeri terus naik.

Buwas mengungkapkan, kedatangan beras impor tidak sesuai harapan. Di mana sebelumnya izin yang diterbitkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan adalah 200 ribu ton harus terealisasi sebelum akhir tahun 2022 dan 300 ribu ton sisanya sebelum musim panen raya pertama tahun 2023 yang diprediksi mulai Maret 2023.

“Jadi kedatangan beras ini yang impor memang tidak sesuai dengan harapan,” kata Buwas.

Para pedagang yang hadir dalam konferensi pers tersebut mengungkapkan pasokan beras saat ini kurang. Salah satu pedagang menjelaskan, kurangnya pasokan beras karena ada beberapa daerah yang tidak panen.

“Penyebab kurangnya karena sekarang-sekarang ini beberapa daerah tidak panen,” tutur pedagang itu.

Selain itu, pedagang lain bernama Jana menyebutkan, kenaikan harga mulai terjadi sejak lebih dari dua pekan yang lalu. Sebelumnya, harga beras medium di kisaran Rp 9.500 ribu per kilogram dan harga beras premium di kisaran Rp 11 ribu per kilogram.

Menurut Jana, kenaikan harga beras terjadi seiring naiknya harga gabah. Saat ini, harga gabah kering giling (GKG) mencapai Rp 7.300 per kilogram, dari yang sebelumnya hanya di kisaran Rp 6.500 – Rp 6.800 per kilogram.

Selain mahal, lanjut Jana, pasokan beras juga sulit diperoleh. Dia mengatakan, pasokan saat ini hanya bisa diperoleh dari bandar beras tertentu yang berskala besar. “Masih dari daerah Indramayu, belum sampai nyari ke luar daerah,” terang Jana.

Jana mengatakan, kondisi saat ini terjadi akibat belum masuknya masa panen rendeng (penghujan). Masa panen rendeng di Kabupaten Indramayu, diperkirakan mulai terjadi pada awal Maret 2023.

Jana memperkirakan, kenaikan harga beras masih akan terus terjadi hingga nanti panen tiba. Meski demikian, dia akan tetap menaikkan harga secara bertahap agar tidak terlalu memberatkan para pelanggannya.

Hal senada diungkapkan pedagang beras di Pasar Baru Indramayu, Warto. Dia mengatakan, kenaikan harga beras mulai terjadi sejak sulitnya memperoleh pasokan. “Nyari pasokan berasnya lagi susah,” tutur Warto.

Warto mengatakan, sejak awal tahun sampai sekarang, harga beras sudah dua kali naik. Setiap kali naik, besarannya mencapai Rp 500 per kilogram.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menegaskan batas akhir Perum Bulog untuk impor beras hingga 16 Februari 2023 atau mundur dari target awal yaitu selesai pada akhir Januari 2023.

Zulhas mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Yang pasti, dia menegaskan seluruh beras impor sebesar 500.000 ton bakal masuk sebelum panen raya.

“Bulog mengatakan [beras impor masuk] 16 Februari berakhir. Ya sudah nggak apa-apa sampai 16 Februari,” kata Zulhas,  Kamis (19/1/2023). Zulhas menyampaikan, beras yang sudah datang akan langsung dikirimkan melalui Bulog ke daerah-daerah di Indonesia untuk operasi pasar. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*