Mengandung Asbes Pemicu Kanker Bedak Bayi Johnson Berhenti Dijual

Mengandung Asbes Pemicu Kanker Bedak Bayi Johnson Berhenti Dijual
Ilustrasi Bedak Bayi (Desygner)
Mari berbagi

BEDAK bayi Johnson & Johnson berhenti jual secara global pada 2023. Kebijakan itu diambil setelah lebih dari dua tahun mengakhiri penjualan produk tersebut di AS yang menarik ribuan aduan keamanan konsumen

Perusahaan ini menghadapi sekitar 38 ribu tuntutan hukum dari konsumen dan para penyintas mereka yang mengklaim produk bedaknya menyebabkan kanker karena kontaminasi asbes, karsinogen yang diketahui. Itu sebabnya bedak bayi Johnson berhenti jual.

Meskipun demikian, J&J mengatakan kebijakan itu tak diambil terkait tuntutan hukum. Perusahaan tetap mengklaim produk J&J aman digunakan.

“Posisi kami tentang keamanan bedak kosmetik kami tetap tidak berubah. Kami berpatokan pada analisis ilmiah independen selama puluhan tahun yang menegaskan bedak bayi Johnson berbasis bedak tabur aman, tidak mengandung asbes, dan tidak menyebabkan kanker.Keputusan ini sebagai bagian dari penilaian portofolio di seluruh dunia, kami telah membuat keputusan komersial untuk beralih ke portofolio bedak bayi berbasis tepung jagung,” kata J&J dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC.com, Jumat (12/8).

J&J membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan pengujian ilmiah dan persetujuan peraturan selama beberapa dekade telah menunjukkan bahwa bedaknya aman dan bebas asbes. Pada hari Kamis, itu mengulangi pernyataan saat mengumumkan penghentian produk dan bedak bayi johnson berhenti jual.

Menanggapi bukti kontaminasi asbes yang disajikan dalam laporan media, di ruang pengadilan dan di Capitol Hill, J&J telah berulang kali mengatakan produk bedaknya aman, dan tidak menyebabkan kanker.

Sebagai gantinya, Johnson & Johnson akan mengganti komponen dasar bedak tersebut dengan bahan tepung jagung alias maizena.

Meskipun demikian, J&J mengatakan kebijakan itu tak diambil terkait tuntutan hukum. Perusahaan tetap mengklaim produk J&J aman digunakan.

Bedak Bayi Johnson telah terjual selama hampir 130 tahun dan menjadi simbol perusahaan yang ramah keluarga. Bedak itu selama ini digunakan untuk mencegah ruam popok dan untuk keperluan kosmetik, termasuk sebagai sampo kering.

Di tengah citra itu, beberapa tahun lalu, J&J menghadapi tuntutan hukum dari konsumen yang mengklaim produk mereka terkontaminasi asbes dan menjadi penyebab kanker.

Tuduhan mereka sampaikan karena talc yang menjadi bahan bedak ditambang dari bumi dan ditemukan dalam lapisan yang dekat dengan asbes. Selama ini asbes merupakan bahan yang diketahui menyebabkan kanker.

Investigasi oleh kantor berita Reuters pada 2018 lalu memang menyebut selama beberapa dekade asbes memang muncul dalam produk bedak J&J.

Kesimpulan Reuters itu merujuk pada catatan internal perusahaan, kesaksian persidangan, dan bukti lain menunjukkan setidaknya pada 1971 hingga awal 2000-an, bedak mentah dan bubuk jadi J&J memang positif mengandung asbes walau dalam jumlah kecil. Meskipun demikian, temuan itu berulang kali membantah tuduhan tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*