Mencekam, Detik-Detik Evakuasi Ratusan Penumpang Kereta Eurotunnel Dari Terowongan Bawah Laut

Detik-Detik Evakuasi Ratusan Penumpang Kereta Eurotunnel
Evakuasi Penumpang Kereta Eurotunnel (Tangkapan layar Youtube Daily Mail)
Mari berbagi

JoSS, LONDON – Ratusan penumpang dievakuasi dari kereta Eurotunnel di bawah saluran antara Inggris dan Prancis setelah mengalami masalah teknis pada Selasa (23/8/2022) waktu setempat.

Getlink, operator yang mengelola jalur kereta api antara Coquelles di Prancis utara dan Folkestone di Inggris tenggara, mengatakan sekitar 400 orang harus meninggalkan kendaraan mereka di kereta.

Dilansir dari CBS News, Alarm di atas kereta memaksa kerumunan orang untuk meninggalkan kereta menuju terowongan beton yang bersebelahan, yang biasanya digunakan oleh pekerja pemeliharaan. Seorang penumpang, Sarah Fellows (37) menyebut pengalaman itu mengerikan.

“Ada seorang wanita menangis di terowongan, wanita lain mengalami serangan panik yang bepergian sendirian,” katanya seperti dikutip dari CBS News, Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, pelancong lain, Michael Kent, mengatakan penumpang menghabiskan beberapa jam di kereta sebelum dievakuasi ketika staf mencoba memecahkanEvakuasi Penumpang Kereta Eurotunnel masalah.

Penumpang lain, Michael Harrison, men-tweet foto-foto seluruh peristiwa itu, menunjukkan penumpang menunggu berjam-jam di dalam kereta yang luas dan kemudian berjalan melalui terowongan layanan sebelum akhirnya dibawa dengan bus kembali ke terminal.

Para penumpang akhirnya dipindahkan ke kereta pengganti, tetapi menghabiskan hampir lima jam di terowongan bawah laut. Insiden itu memengaruhi kereta yang berangkat dari Calais pada pukul 15:50 waktu setempat pada hari Selasa. Kemudian kereta api dari Prancis tertunda hingga enam jam.

John Keefe, dari operator Getlink, mengatakan penumpang dibawa ke Folkestone sementara kereta dibawa keluar dari terowongan dan mereka bergabung kembali dengan kendaraan mereka.

“Operasi seperti ini memang membutuhkan waktu, tetapi untuk keselamatan semua orang dan harus dilakukan dengan hati-hati,” katanya kepada AFP.

“Pada pukul 06:00 waktu setempat pada hari Rabu, semua orang yang terjebak dalam insiden itu telah dibawa, pengalihan dihapus, dan kami sekarang kembali ke layanan normal,” tambahnya.

Terowongan Saluran, atau “Chunnel,” dibuka pada tahun 1994 dan terdiri dari dua terowongan jalur tunggal dan terowongan layanan, masing-masing sepanjang 31 mil. Bagian bawah laut membentang sekitar 24 mil dan merupakan yang terpanjang di dunia.

Sejak dibuka, layanan kereta ini telah membawa lebih dari 80 juta kendaraan di kereta antar-jemput yang panjangnya hampir 800 meter. Bulan lalu, Eurotunnel mengurangi jumlah kereta api melalui Terowongan Channel karena efek dari pemogokan kereta api nasional di Inggris, meskipun stafnya tidak bergabung dengan aksi protes. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*