Susul Sri Lanka PBB Sebut Laos dan Myanmar Diambang Kebangkrutan

Krisis ekonomi Sri Lanka membunyikan alarm 'bahaya' di banyak negara lainnya di dunia. Mulai dari Laos, Myanmar, Pakistan, hingga Venezuela. (REUTERS/Dinuka Liyanawatte).
Mari berbagi

JoSS, NEW YORK – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi akan ada lebih banyak negara berkembang yang kini berada di ambang kebangkrutan, menyusul krisis ekonomi yang dialami Sri Lanka. Di antaranya Laos dan Myanmar.

Kondisi politik dalam negeri, pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir dan perang ditengarai menjadi penyebab.

Dalam laporan Crisis Response Group yang dirilis, PBB menyebut dua negara berkembang di Asia Tenggara yang rentan ekonominya karena terlilit utang, serta kenaikan harga komoditas akibat perang Rusia-Ukraina.

Perekonomian Laos mengalami tekanan sejak terjadi covid-19. Saat ini, semakin parah akibat ditambah tekanan perang antara Rusia dan Ukraina.

Senasib dengan Sri Lanka, Laos juga mengalami lonjakan utang yang mengakibatkannya harus mengemis restrukturisasi utang bernilai miliaran dolar AS.

Dilansir dari CNNIndonesia, keterpurukan ekonomi Laos bertambah parah karena cadangan devisanya yang makin menipis dan hanya mampu membiayai kurang dari dua bulan impor. Mata uangnya pun jatuh 30 persen yang memperburuk kesengsaraan negara itu.

Inflasi di Laos juga melonjak sebesar 9,9 persen (year on year) pada April 2022. Berdasarkan Tradingeconomics, inflasi Laos adalah lonjakan tertinggi kedua di antara negara ASEAN lainnya.

Selain Laos, ekonomi Myanmar juga terguncang. Biang keladinya, ketidakstabilan politik Myanmar, terutama seusai aksi kudeta militer pada Februari 2021 terhadap pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

Myanmar pun dihujani sanksi dari negara Barat, seperti penarikan bisnis secara besar-besaran dari negara mereka oleh korporat raksasa.

Ekonomi Myanmar terkontraksi minus 18 persen pada tahun lalu dan diperkirakan tidak tumbuh pada tahun ini.

Lebih dari 700 ribu orang melarikan diri atau diusir dari rumah mereka karena konflik bersenjata dan kekerasan politik yang terjadi.

Situasi di Myanmar semakin tak terkendali. Bahkan, Bank Dunia enggan mengeluarkan proyeksi untuk Myanmar pada 2022-2024.

Saat ini, Myanmar merupakan negara dengan laju inflasi tertinggi di antara negara ASEAN. Inflasinya tercatat 13,82 persen pada Januari 2022, lebih tinggi dibanding posisi Desember 2021 yang sebesar 12,63 persen.

Bagaimana dengan Indonesia?

Kendati Laos dan Myanmar seperti di ujung tanduk, tidak demikian dengan halnya Indonesia. Bahkan, Bank Dunia pernah mengecualikan Indonesia dari ancaman resesi negara-negara di dunia.
Indonesia terbilang cukup aman dari ancaman resesi ekonomi. Sebab, proyeksi pertumbuhan ekonominya tidak diubah oleh Bank Dunia yang pada tahun ini tetap di level 5,1 persen.

Pada 2021 lalu, Indonesia masih mencatat pertumbuhan ekonomi positif 3,7 persen. Tahun ini, perkiraannya PDB tumbuh lebih tinggi, yaitu 5 persen, dan 5,3-5,9 persen pada 2023 nanti.

Inflasi Indonesia yang menunjukkan peningkatan pun masih relatif terbilang aman. Pada Juni 2022, inflasi RI mencapai 4,35 persen atau tertinggi sejak lima tahun terakhir.

Lalu, bagaimana dengan Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam?

Mengikuti Indonesia, ekonomi Singapura juga boleh dibilang dalam posisi kuat. Singapura mencatat pertumbuhan ekonomi 7,2 persen pada tahun lalu, tertinggi dalam satu dekade.

Walaupun, inflasi Singapura sudah tembus 5,6 persen per Mei 2022. Diikuti dengan inflasi inti 3,6 persen. Cukup tinggi, namun diklaim masih dalam posisi aman.

Malaysia juga mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen pada kuartal I 2022. Angka ini lebih baik dari posisi akhir tahun lalu yang sebesar 3,6 persen.

Sayangnya, inflasi Malaysia juga ikut meningkat menjadi 2,8 persen pada Mei 2022.

Begitu pula dengan ekonomi Thailand yang berangsur membaik dari tekanan pandemi covid-19. Pada tahun lalu, perekonomian negeri gajah putih ini tercatat tumbuh 1,6 persen setelah turun dalam, yaitu 6,2 persen pada 2020 lalu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*