Pesawat Susi Air Jatuh di Timika Papua, Tujuh Penumpang Selamat

Pesawat Susi Air Jatuh di Timika Papua, Tujuh Penumpang Selamat
Pesawat Susi Air PK-BVM rute Timika-Duma jatuh di Kabupaten Mimika, Papua pada Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 08.00 WIT, total ada tujuh orang di dalam pesawat tersebut. (dok Basarnas)
Mari berbagi

JoSS, TIMIKA – Badan SAR Nasional atau Basarnas berhasil mengevakuasi seluruh penumpang pesawat Susi Air yang jatuh di Kabupaten Timika, Papua pada Kamis (23/6/2022).

Kasubsi Operasi Timika Charles Y. Batlajerry memastikan ketujuh korban dalam kondisi selamat, hanya luka-luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Tujuh orang korban selamat semua, lima orang yang dievakuasi menggunakan Heli Caracal TNI AU ke Timika. dua korban lainnya warga Duma berada di Duma dalam keadaan selamat. lima korban yang dievakuasi mengalami patah tulang dan luka,” kata Charles dalam laporannya, Kamis (23/6/2022).

Pesawat yang jatuh itu diketahui berjenis Pilatus Porter yang dipiloti oleh Dayle Peter Houzet dan membawa enam penumpang. Enam penumpang tersebut bernama; Lukas Dimpau, Seru warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Philipus Dimpau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau.

Pesawat Susi Air PK-BVM rute Timika-Duma ini jatuh pada koordinat, 04°02’54.00″S/136°43’06.00″E sekira pukul 08.00 WIT.

Pemilik Susi Air, Susi Pujiastuti melalui akun twitternya @Susi Pujiastuti meyakini masih ada penumpang yang selamat dalam kejadian ini.

“Alhamdulilah. info berita terakhir semua penumpang selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah,” kata Susi.

Belum diketahui penyebab kecelakaan pesawat ini, saat ini tim Basarnas bersama TNI masih melakukan proses evakuasi pesawat.

Sebelumnya, lewat cuitannya di Twitter, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengumumkan berita duka kecelakaan pesawatnya. Menurutnya, pesawat itu kecelakaan saat terbang di rute Timika-Duma.

“Berita duka: Pesawat Susiair jenia Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet dan 6 Penumpang pagi ini mengalami Kecelakaan di Rute Timika – Duma. Berita terakhir ada yg selamat,” tulis Susi Pudjiastuti di akun Twitternya, Kamis (23/6/2022) pagi.

Setelah itu, Susi kembali menginformasikan soal kondisi awak pesawat dan para penumpangnya.

“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari lokasi bisa lancar dan mudah,” katanya.

Pesawat jenis Pilatus Porter PK BVM Dayl Peter Houzet ini dikabarkan mengalami kecelakaan pada Kamis (23/6/2022) pagi tadi.

“11:16 tim SAR gabungan dari personil SAR Timika dan TNI AU menggunakan helly Caracal TNI AU bergerak menuju lokasi jatuhnya pesawat,” kata Kepala Kantor SAR Timika, George L Mercy Randang dalam keterangan tertulis. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*