Ratusan Kios di Pasar Johar Relokasi Kawasan MAJT Hangus Terbakar

Ilustrasi kebakaran (Foto: net)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ratusan kios di Pasar Johar Relokasi yang berada di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) hangus terbakar pada Rabu(2/2/2022) malam.

Dari informasi, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Koordinator keamanan, Yono mengatakan api mulai terlihat dari blok F4. “Habis Maghrib, dari F4 terus menjalar cepat ini F1 sampai F9 habis,” kata Yono di lokasi, Rabu (2/2/2022) sebagaimana dilansir dari detik.com.

Dari informasi yang diperoleh di lokasi, kebakaran terjadi di blok F1 hingga F9. Sementara itu dari laporan kepolisian yang diperoleh Polda Jateng, kebakaran melanda blok E1 dan E4. Kios yang terbakar menjual berbagai barang mulai dari baju, bawang, sandal dan lainnya.

“Menjual brambang (bawang merah), pakaian dan sandal dengan Jumlah kios kurang lebih 100 kios,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy berdasar laporan yang diterima, Rabu (2/2/2022).

Sementara itu, pedagang di blok lain masih berusaha menyelamatkan barang-barang mereka. Pemadam kebakaran datang silih berganti untuk memadamkan api.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi juga sudah mendatangi lokasi kebakaran untuk memantau langsung.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terlihat hadir memantau situasi, dan mengimbau warga dan pedagang agar menyelamatkan diri terlebih dahulu.

Baca juga: Penyelesaian Soal ‘Tanah Musnah’ Di Proyek Tol Semarang-Demak Masih Menunggu Perpres

Dari unggahan di akun media sosialnya, Ganjar bahkan terlihat memberikan pengarahan kepada aparat kepolisian maupun petugas pemadam kebakaran yang mengamankan lokasi kebakaran di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Kota Semarang itu, atau belakang kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) itu.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) itu tampak berada di tengah lokasi kebakaran.

Ganjar bahkan sempat memperingatkan salah satu pedagang yang terdampak kebakaran untuk tidak mengganggu proses pemadaman.

“Assalamualaikum Pak Ganjar, Ini saya belum dapat kios malah kebakaran,” ujar seorang perempuan yang menghampiri Ganjar.

“Udah to, ini lagi diurus,” jawab Ganjar meninjau lokasi kebakaran.

Dalam video yang diunggah akun @ganjar_pranowo itu, kebakaran yang melanda Relokasi Pasar Johar Semarang di belakang kompleks MAJT itu terlihat cukup dahsyat.

“Api dari F4 terus menjalar dengan cepat mulai F1 sampai F9,” katanya. Sejumlah pedagang yang menempati relokasi terlihat pasrah melihat lapak-lapak dagangannya terbakar.

Tidak sedikit pedagang yang membantu petugas damkar dan berusaha menyelamatkan barang-barang.

Ratusan lapak diperkirakan ikut terbakar.

Pemerintah Kota Semarang sebelumnya sudah merelokasi ratusan pedagang ke Pasar Johar setelah selesai direnovasi. Namun masih banyak pedagang yang enggan kembali ke Pasar Johar, pasar terbesar di Kota Semarang tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*