Puncak Arus Balik Libur Nataru, Tol Cikampek Arah Jakarta Diberlakukan Contraflow di KM65

Ilustrasi tol layang Jakarta - Cikampek (Foto: indonesia.go.id)
Mari berbagi

JoSS, CIKAMPEK – Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di kilometer 65 hingga 47 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, pada Minggu (2/1) sore, seiring dengan padatnya kendaraan di puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2022.

General Manager Representative Office Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division,Muhammad Taufik Akbar mengatakan pihaknya melakukan itu berdasarkan diskresi dari pihak kepolisian. Contraflow diterapkan untuk mengurai kemacetan.

“Jasa Marga berlakukan perpanjangan contraflow dari Km 65 hingga Km 47 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Perpanjangan contraflow diberlakukan pada pukul 16.10 WIB,” kata Taufik sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (2/1).

Taufik meminta agar pengendara yang menggunakan jalan tol memastikan kendaraan dalam keadaan baik, saldo uang elektronik untuk biaya tol cukup, dan mengisi bahan bakar. Taufik juga meminta agar pengguna jalan tol menghindari kerumunan saat melakukan rehat di rest area.

Jasa Margamencatat sebanyak 137.207 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada 1 Januari 2021 atau pada Hari H Tahun Baru 2022.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan total volume lalin yang kembali ke Jabotabek ini turun 2,8 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 141.219 kendaraan.

Baca juga: Sistem Transaksi Tol Nirsentuh Bakal Diterapkan Bertahap Mulai 2022

Dari jumlah tersebut, sebanyak70.109 kendaraan datang dari arah timur melalui Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini lebih banyak 7 persen dibanding hari biasa.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan memetakan titik-titik kepadatan menjelang puncak arus balik libur tahun baru 2022. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi memprediksi salah satu titik padat menuju Jakarta akan terjadi di KM 63 Jalan Tol Cikampek.

“Sore ini sudah akan ada peningkatan dan puncaknya nanti malam sampai besok pagi (Senin, 3 Januari),” ujar Budi, dilansir dari tempo.co.

Budi Setiyadi memastikan Kementerian telah menyusun skenario lalu-lintas untuk mengurai kemacetan. Di titik macet di KM 63 Jalan Tol Cikampek, Kementerian menyiapkan skema contra flow. Selain itu, petugas di lapangan akan mengalihkan lalu-lintas mobil barang sumbu tiga ke jalan nasional.

Masyarakat, Budi Setiyadi melanjutkan, diimbau untuk menghindari perjalanan saat puncak arus balik. “Jangan menumpuk pulang hari ini. Sebagian besok supaya kapasitas (jalan) tol lancar,” ujar Budi.

Sebelumnya, 11 juta masyarakat berpotensi melakukan perjalanan mudik selama libur Natal dan tahun baru menurut survei Balitbang Kementerian Perhubungan. Berdasarkan survei tersebut, 2,8 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*