Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup, Begini Skenario Perpindahan Operasional Penerbangan

Foto: Wikimedia.org
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) memaparkan skenario perpindahan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma. Bandara berlokasi di Jakarta Timur ini akan ditutup sementara selama 3,5 bulan mulai 26 Januari 2022 mendatang untuk revitalisasi.

“Telah dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder untuk memuluskan skenario perpindahan operasional yang sudah disetujui seluruh pihak,” ujar Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Minggu (23/1/2022).

Adapun terdapat 21 operator penerbangan yang akan pindah dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Sebanyak 2 maskapai merupakan maskapai niaga berjadwal. Kemudian lainnya adalah 17 maskapai niaga tidak berjadwal dan 2 maskapai kargo. Total  armada ini 67 unit. Ada juga 12 unit pesawat militer.

Perpindahan ini dilakukan mulai 26 Januari 2022  dan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022. Angkasa Pura II akan mengalihkan sementara penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta), dan Bandara Budiarto (Tangerang).

Berikut skenario perpindahan operasional penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma.

1. Perpindahan operasional armada maskapai niaga tidak berjadwal

Dilakukan mulai 22  hingga 25 Januari 2022. Director of Operation & Services Angkasa Pura II Muhamad Wasid mengatakan maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto.

“Fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara penerima (recipient) dipastikan dapat menangani perpindahan armada, memperhitungkan fasilitas-fasilitas seperti runway, apron dan taxiway,” ujar Muhamad Wasid.

Baca juga: Citilink Belum Ada Kabar, Pengelola Bandara JB Soedirman Jajaki Kerja Sama Dengan Wings Air

Pesawat maskapai niaga tidak berjadwal yang pindah operasional ke Bandara Soekarno-Hatta ditempatkan di apron Terminal 1, yaitu Premi Air (1 unit), Indonesia Air Transport (1 unit), Elang Lintas (2 unit), AFM (3 unit), Kharisma (5 unit), Tri MG (3 unit), Enggang Air/CEO Jetset (3 unit).

Pesawat yang akan pindah ke hanggar GMF AeroAsia di Bandara Soekarno-Hatta ialah Premi Air (8 unit), Travira (1 unit), Kharisma (1 unit), PTN (1 unit), Jhonlin (2 unit), Enggang Air/CEO Jetset (1 unit), AFM (1 unit).

Pesawat yang pindah ke Bandara Pondok Cabe ialah Travira Air (4 unit), Pelita Air (1 unit), Premi Air (1 unit), Jhonlin (1 unit), Susi Air (1 unit), Transwisata (3 unit), Fasi (2 unit).

Pesawat yang pindah ke Bandara Budiarto ialah Elang Lintas (2 unit), Kharisma (3 unit) dan Airfast (3 unit). Untuk pesawat maskapai yang berpindah ke Bandara Husein Sastranegara adalah Biomantara (2 unit).

Pesawat kargo yang pindah ke apron Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta adalah Trigana Air (3 unit) dan Sriwijaya Air (1 unit).

2. Pelaksanaan Perpindahan operator ground handling. Seluruh operasional ground handling akan dipindahkan pada 22-24 Januari 2022.

3. Pelaksanaan perpindahan operasional penerbangan militer dilakukan pada tanggal 24-25 Januari 2022.

Executive General Managwr Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna mengatakan operasional 3 Skadron Udara (Skadud) akan ikut diungsikan. “Skadud 17 pindah ke Bandara Soekarano-Hatta, sementara Skadud 2 dan Skadud 31 ke Bandara Husein Sastranegara,” katanya.

4. Pelaksanaan perpindahan maskapai niaga berjadwal. Maskapai Citilink & Batik Air akan diungsikan pada 25 Januari 2022. Perpindahan hanya untuk kedatangan atau arrival.

Kedatangan penumpang akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, sementara itu keberangkatan masih dilakukan di Bandara Halim.

5. Bandara Kertajati (Majalengka) dipersiapkan mendukung perpindahan

Penempatan pesawat kargo, penempatan pesawat RON (Remain Over Night), penerbangan charter, serta kegiatan Touch and Go Military akan dilakukan di Bandara Kertajati.

AP II akan memastikan skenario perpindahan operasional berjalan lancar. Maskapai diminta menginformasikan mengenai perpindahan operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*