Kabupaten Demak Raih Penghargaan Wilayah Terbaik Dimensi Smart Society Dari Kemenkominfo

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo RI Anang Ahmad Latif menyerahkan penghargaan kepada Bupati Demak Eisti’anah, di Nusantara Hall Ice BSD, Tangerang, Selasa (14/12/2021). (Foto: jatengprov.go.id)
Mari berbagi

JoSS, TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Demak berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota wilayah terbaik dimensi smart society dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo RI Anang Ahmad Latif kepada Bupati Demak Eisti’anah, di Nusantara Hall Ice BSD, Tangerang, Selasa (14/12/2021).

Menteri Kominfo RI Johnny G Plate menyampaikan, pengembangan smart city merupakan bentuk dari utilitasi teknologi digital dalam pengelolaan kota daerah modern, dan merupakan salah satu aktualisasi dari transformasi digital yang inovatif dan yang solutif.

Gerakan menuju smart city, lanjutnya, adalah inisiatif bersama antara Kominfo dengan berkolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia.

“Mari bangun ketangkasan kota lewat utilitasi teknologi, sambut potensi dan resiliensi negeri melalui smart city, demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, semakin digital, semakin maju,” jelasnya seperti dilansir dari jatengprov.go.id.

Bupati Demak Eisti’anah mengaku bangga atas penghargaan tersebut. Menurutnya, pencapaian tersebut dapat diraih karena kerja keras, kerja cerdas, dan kolaborasi semua pihak, termasuk jajaran tim dari Dinas Kominfo Demak, sehingga berhasil memperoleh salah satu penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Baca juga: Proyek Tol Semarang-Demak Ditarget Rampung Oktober 2022

Disampaikan, penghargaan tersebut sebagai komitmen bersama untuk terus mewujudkan sebuah tatanan pengelolaan masyarakat yang cerdas, guna mewujudkan partisipasi masyarakat melalui berbagai tindakan alternatif.

“Melalui salah satu capaian ini, akan kita jadikan pijakan, untuk selanjutnya kita tegaskan, bahwa prestasi ini sebagai peneguh komitmen kita untuk mewujudkan tata kelola masyarakat yang cerdas, berkarakter, aktif, serta meningkatkan public trust secara utuh,” jelasnya.

Di hari yang sama, Pemkab Demak juga meraih penghargaan sebagai kabupaten informatif dalam Penganugerahan Badan Publik Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah 2021. Penghargaan diserahkan oleh Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud kepada Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, di Kampus Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Selasa (14/12/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak selaku Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Endah Cahyarini mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil yang luar biasa, karena berhasil mempertahankan predikatnya sebagai kabupaten informatif untuk yang kedua kalinya.

“Tidak mudah kita dalam mempertahankan sebagai kabupaten informatif dari tahun ke tahun, baik itu dari penilaian websitenya, penilaian SAQ, verifikasi SAQ, kemudian ada uji publik. Ini merupakan sesuatu yang sangat berat. Namun berkat komunikasi, koordinasi, dan konsultasi dari semua pimpinaan badan publik yang ada di Kabupaten Demak semuanya berjalan lancar,” kata Endah

Endah berharap, predikat tersebut akan terus menerus berkelanjutan dan berkesinambungan diterima Pemkab Demak. Selain itu, dengan penghargaan yang diperoleh, diharapkan semua badan publik yang ada di Demak dapat membentuk PPID.

“Di Demak, kebetulan kita mempunyai 50 badan publik. PPID yang sudah dibentuk, yaitu 42 OPD, satu PKK dan tujuh BUMD. Ini sebuah lembaran baru untuk Demak, karena sebelumnya BUMD belum membentuk badan publik,” lanjutnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*