Gibran Pastikan Bantu Kelengkapan QR Code Untuk Gereja Persiapan Natal

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (Foto: voi.id)
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Wali Kota Surakarta memastikan Pemkot akan membantu kelengkapan QR Code untuk gereja sebagai persiapan perayaan Natal 2021. Seperti diketahui, QR Code untuk aplikasi peduli lindungi menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi gereja-gereja dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

Setiap peserta ibadah atau jemaat harus sudah divaksin, atau dipastikan negatif Covid-19. “Gereja yang belum ada barcode kami bantu untuk barcode-nya,” kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka usai meninjau kesiapan gereja di Solo, Senin (20/12/2021).

Mengenai jumlah gereja yang belum dilengkapi QR Code untuk aplikasi peduli lindungi, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan jumlahnya.

“Ya ini kami putari (berkeliling) dulu, harusnya semua gereja sudah menggunakan, tetapi meskipun di sini belum ada barcode tetapi prokes ketat,” katanya, seperti dilansir dari solopos.com.

Ia mengatakan untuk protokol kesehatan yang sudah diterapkan di dalam gereja salah satunya pengaturan tempat duduk yang menerapkan jaga jarak.

“Apalagi setiap anggota jemaah juga sudah punya nomor kursinya. Mereka nggak usah bawa kartu vaksin, cukup bawa aplikasi peduli lindungi. Ini akan mempermudah traking,” katanya.

Gibran mengatakan persiapan gereja di Solo untuk perayaan Natal  sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan baik terkait penerapan protokol kesehatan.

Dia menambahkan pihak gereja sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik seperti menyiapkan kartu Misa untuk umatnya selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Keuskupan Agung Semarang Imbau Umat Gelar Perayaan Natal Secara Sederhana

“Hal ini, sudah berjalan sejak pandemi COVID-19. Yang jelas SOP di Gereja Paroki Santo Paulus Kleco sudah ketat sekali. Saya tadi melihat pengaturan kursi umat sudah ada tandanya dan disiapkan juga ruang kesehatan,” kata Gibran.

Bahkan, pihak gereja juga menyiapkan fasilitas streaming untuk umat yang tidak enak badan, sehingga tidak perlu memaksakan diri datang ke gereja, tetapi cukup mengikuti Ekaristi Natal dari rumah.

Menyinggung soal keamanan pada perayaan Natal, kata Gibran, berkat ada dukungan dari Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Kepala Polresta Surakarta dipastikan kondisi aman semuanya. Yang jelas SOP di gereja-gereja sudah baik dan hal ini sudah diterapkan sejak pandemi COVID-19 hingga sekarang sehingga dapat berjalan lancar.

Gibran mengatakan soal papan kode batang Peduli Lindungi di gereja yang belum ada akan mengejar nantinya dipasang agar semuanya berjalan dengan baik dan warga masyarakat Kota Solo yang beribadah juga merasa nyaman.

Sementara itu, Kepala Paroki Gereja St Antonius Purbayan Surakarta Romo Clement Budiarta mengapresiasi penyediaan QR Code yang diberikan oleh Pemkot Surakarta.

“Tadi mas Gibran sebagai wali kota di sini ingin membantu barcode, kami ucapkan terima kasih kepada mas Gibran dan masyarakat Surakarta yang memperhatikan kami untuk lancarnya perayaan Natal nanti tanggal 24 Desember malam dan tanggal 25 Desember. Semoga semua berjalan baik dan lancar,” katanya.

Untuk memastikan anggota jemaah menerapkan jaga jarak, dikatakannya, yang boleh mengikuti ibadah di gereja hanya mereka yang sudah memegang tiket yang disediakan oleh pihak gereja.

“Jadi yang nggak pakai tiket nggak bisa masuk, untuk kuotanya 500 orang. Kalau situasi normal bisa sampai 2.500 orang, jadi ini hanya 20 persennya. Mereka (anggota jemaah) sudah mendaftar tiket sejak tiga minggu yang lalu, salah satu syaratnya mereka harus sudah vaksin kedua,” katanya.

“Kami pastikan semua aman, nyaman dan masalah COVID-19 sudah hampir tidak ada penambahan kasus lagi,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*