Kim Jong Un Angkat Adik Perempuanya Sebagai Anggota Komisi Urusan Luar Negeri

Foto: newsncr.com
Mari berbagi

JoSS, PYONGYANG – Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, mengangkat adik perempuannya, Kim Yo Jong, sebagai anggota Komisi Urusan Luar Negeri (SAC) pada Kamis (20/9). Dikutip AFP, peran Kim Yo Jong dalam hierarki Korut semakin menonjol dalam beberapa tahun terakhir.

Komisi tersebut merupakan badan pemerintah tertinggi di Korut dan pengangkatan ini menjadi posisi paling senior yang dipegang Kim Yo Jong saat ini.

Dilansir dari CNNIndonesia, pengangkatan Kim Yo Jong berlangsung ketika sang kakak tengah melakukan perombakan pejabat dalam komisi tersebut yang telah disetujui Majelis Rakyat Tertinggi.

Kim Jong-un memecat sedikitnya sembilan anggota Komisi Urusan Luar Negeri Korut, termasuk wakil presiden lembaga itu, Pak Pok Ju, dan seorang diplomat senior perempuan, Choe Son Hui.

Choe merupakan perempuan yang langka menjabat posisi penting di Korut. Ia menjadi salah satu diplomat Korut yang memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat selama ini.

Baca juga: Uji Coba Rudal Korut Dituduh Provokasi, Adik Kim Jong Un Berang

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang yang diangkat Kim Jong-un dalam komisi tersebut. Kim Yo-jong menjadi satu-satunya perempuan di antara para pejabat tersebut.

Kemunculan Kim Yo Jong pertama kali terjadi pada Olimpiade Musim Dingin Pyongchang pada Februari 2018 lalu. Untuk pertama kalinya, Kim Jong-un mengutus sang adik mewakili pemimpin Korut dalam ajang internasional.

Sejak itu, Kim Yo Jong rajin mendampingi sang kakak dalam sederet pertemuan penting, termasuk saat Kim Jong-un bertemu untuk pertama kalinya dengan presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump, di tahun yang sama.

Kim Yo Jong juga semakin rajin mengeluarkan pernyataan mewakili pemerintah Korut belakangan ini. Banyak analis menganggap Kim Yo Jong merupakan penerus takhta Kim Jong-un kelak. Perempuan berusia sekitar 30 tahunan itu terlihat sangat dekat dengan sang kakak.

Keduanya pernah bersekolah di Swiss. Selain menjadi anggota komite SAC, Kim Yo Jong juga menjabat sebagai wakil direktur departemen Komite Pusat Partai Buruh. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*