Topan Ida Hantam Wilayah Selatan AS, 620 Ribu Orang Tak Bisa Akses Listrik

Sekelompok orang melintasi persimpangan selama Badai Ida di New Orleans, Louisiana (Foto: straitstimes.com)
Mari berbagi

JoSS, LOUISIANA AS – Sejumlah daratan di wilayah selatan Amerika Serikat dilanda badai topan Ida pada Minggu (29/8/2021). Dalam serangan badai itu, negara bagian Louisiana diperkirakan akan terdampak paling parah.

Dilansir Reuters, Pusat Badai Nasional (NHC) AS mengatakan topan Ida mendarat di dekat Port Fourchon, Louisiana, pada pukul 11:55 waktu setempat. Badai level 4 itu memanjang hingga sejauh 50 mil dari episentrumnya.

Hal ini membuat beberapa wilayah di Louisiana terpaksa mengalami pemadaman listrik. CNN International menulis, hujan lebat dan angina kencang telah menyebabkan 620.000 orang tanpa listrik.

Di salah satu kota terbesar Louisiana, New Orleans, otoritas kesehatan menangguhkan layanan medis darurat. Padahal fasilitas kesehatan wilayah itu tengah berjuang dengan kenaikan kasus Covid-19.

“Ini adalah salah satu badai terkuat yang mendarat di sini di zaman modern,” kata Gubernur Louisiana John Bel Edwards dalam jumpa pers.

Baca juga: Akhiri Perang Terpanjang, Presiden Amerika Joe Biden Umumkan Tarik Pasukan Dari Afghanistan

Louisiana sendiri sempat dilanda Topan Katrina pada 2005 lalu. Badai yang menewaskan 1.800 orang itu mendorong pemerintah negara bagian itu untuk membuat tanggul-tanggul penahan.

Gubernur Louisiana mengatakan bahwa tanggul-tanggul ini membuatnya optimis akan penanggulangan bencana topan Ida ini. Ia menyebut bahwa tanggul-tanggul penahan itu akan siap dalam menahan gelombang akibat badai.

“Apakah akan diuji? Ya. Tapi (tanggul-tanggul itu) dibangun untuk kondisi saat ini,” katanya, seperti dilansir dari cnbcindonesia.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden menyebut bahwa pihaknya akan mulai melakukan langkah-langkah penyelamatan setelah badai itu berlalu. Nantinya tim-tim penyelamat akan mulai diterjunkan ke area terdampak.

“Begitu badai berlalu, kami akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk melakukan penyelamatan dan pemulihan,” kata Presiden Joe Biden setelah briefing di markas besar Badan Manajemen Darurat Federal di Washington. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*