Jerman dan Prancis Berikan Suntikan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 Bagi Warganya

Ilustrasi (Foto: france24.com)
Mari berbagi

JoSS, JERMAN – Pemerintah Jerman dan Prancis memutuskan untuk mengabaikan imbauan WHO untuk tidak memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 ke warganya, mengingat ketersediaan vaksin masih minim.

Mereka beralasan dosis ketiga dibutuhkan untuk melindungi warga-warga mereka yang berada di kelompok rentan Covid-19.

“Dosis ketiga tetap dibutuhkan meski tidak langsung untuk semua warga Prancis. Dosis ketiga penting untuk kelompok usai yang rentan tertular Covid-19, terutama lansia,” ujar Presiden Prancis Emmanuel Macron, dikutip dari kantor berita Reuters, Kamis (5/8/2021).

Jika Prancis mengutamakan dosis ketiga untuk lansia, Jerman mengutamakannya untuk mereka yang berdaya tahan tubuh rendah. Dengan kata lain, tidak spesifik lansia walaupun mereka akan mewakili sebagian besar di antaranya.

Pemerintah Jerman menambahkan bahwa meski mereka tidak akan menghentikan penyuntikan dosis ketiga, mereka akan aktif menyumbangkan vaksin Covid-19 ke negara-negara yang membutuhkan. Jumlahnya kurang lebih 30 juta dosis.

“Kami ingin tetap memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 terhadap kelompok rentan di Jerman. Ini sebagai langkah jaga-jaga. Di saat bersamaan, kami akan mendukukung vaksinasi terhadap sebanyak mungkin warga di dunia,” ujar Kementerian Kesehatan Jerman dalam keterangan persnya.

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 di Wuhan Kembali Melonjak, Seluruh Warga Dites

Jerman, sejauh ini, sudah memberikan vaksin Covid-19 terhadap 62 persen warganya, sebanyak 53 persen di antaranya sudah tervaksinasi penuh. Angka Prancis lebih tinggi, 64,5 persen dengan mereka yang tervaksinasi penuh ada 49,5 persen.

Diberitakan sebelumnya, WHO meminta negara-negara kaya untuk tidak menyuntikkan dosis ketiga demi menjaga ketersediaan vaksin Covid-19. Sebab, per berita ini ditulis, masih banyak negara-negara yang angka vaksinasinya belum 10 persen dari total populasinya. Suplai untuk dosis ketiga, kata WHO, sebaiknya didonasikan saja ke negara yang membutuhkan.

Menurut data WHO, negara-negara kaya menyuntikkan 50 dosis vaksin Covid-19 per 100 orang pada bulan Mei lalu. Sejak saat itu, kata WHO, angkanya terus naik. Sementara itu, di negara miskin, perbandingannya adalah 1,5 dosis per 100 orang karena kurangnya suplai.

WHO meminta penyuntikkan dosis ketiga di negara-negara kaya dimoratorium hingga bulan September paling tidak. Setelah bulan itu lewat, penyuntikkan dosis ketiga boleh dilanjutkan kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*