Lolos Tahap I, Kapal Senopati UNNES Siap Melaju di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2021

Kapal Senopati 1 ini merupakan Kapal patroli desain dari Tim CRC Mesin UNNES ini didesain untuk dapat menyergap  penyusup pesawat jet musuh dalam simulasinya dengan kecepatan 30 knot dalam kondisi pengejaran dan kecepatan 15 knot dalam kecepatan patroli perairan lepas pantai. (foto: unnes.ac.id)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Tim CRC Mesin UNNES dengan Kapal Senopati berhasil lolos dalam tahap pertama pada gelaran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Muhammad Yusuf Wibowo selaku Ketua Tim CRC Mesin UNNES pada KKCTBN 2021 mengatakan pada lomba kali ini tim CRC Mesin UNNES mengikuti kelas Divisi Kapal Patroli Laut Lepas (Electric Remote Control/ERC).

Adapun untuk pelaksanaan final kontes ERC ini, akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2021.

“Tim CRC Mesin UNNES dengan Kapal Senopati 1, mohon doa restu kepada civitas akademika Universitas Negeri Semarang agar mampu merebut juara dan mengharumkan nama UNNES di even bergengsi tersebut,” katanya, dilansir dari unnes.ac.id.

Dr Eng Rizqi Fitri Naryanto ST MEng selaku dosen pembimbing tim Roboboat CRC Mesin UNNES kapal Senopati 1 mengataan Kapal patroli desain dari Tim CRC Mesin UNNES ini didesain untuk dapat menyergap  penyusup pesawat jet musuh dalam simulasinya dengan kecepatan 30 knot dalam kondisi pengejaran dan kecepatan 15 knot dalam kecepatan patroli perairan lepas pantai.

Baca juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan dan SDM, UNNES Gandeng Kateb University dan Shifa University Afghanistan

“Selain itu kapal ini dirancang untuk mampu bermanuver secara zig-zag dan lincah untuk menghalau pergerakan musuh. Baik musuh dalam bentuk ancaman udara maupun musuh ancaman di perairan laut,” jelasnya.

Lebih lanjut Rizqi menjelaskan pada gelaran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 ini dan selaku dosen pembimbing wadah aspirasi Inovasi Fakutas Teknik.

Ahmad Roziqin, S.Pd., M.Pd selaku dosen Pembimbing CRC Mesin UNNES mengatakan serangkaian Riset telah beberapa tahun dikembangkan oleh tim Roboboat CRC Mesin UNNES, diantaranya pengembangan kapal roboboat pada kejuaraan kapal Roboboat di beberapa evan nasional.

“Kapal –kapal dengan monohull maupun trimaran sudah beberapa kali diproduksi oleh tim Roboboat CRC Mesin UNNES,” tuturnya,

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum memberikan apresiasi dan dorongan kepada mahasiswa untuk selalu mengembangkan iptek dan terus berprestasi pada even-even gelaran nasional maupun internasional. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*