Sebelum Meninggal Annas Habibie Curhat: Dikucilkan, 6 Anggota Keluarga Wafat Karena Covid-19

Foto: timlo.net
Mari berbagi

PRESENTER kondang dari Soloraya Annas Habibie meninggal dunia saat menjalani perawatan karena terpapar Covid-19, Minggu (20/6/2021). Hal itu meninggalkan duka mendalam bagi kawan-kawannya di industri hiburan dan pariwisata.

Sebagian teman-teman Annas tak percaya presenter yang terkenal baik hati itu pergi secepat itu. Salah satu sahabat dekat Annas, Riri Rindraputri bahkan masih berkontak via telepon pada Sabtu (19/6/2021) malam, sebagaimana dilansir dari Solopos.com

Saat itu, Annas mengabari Riri bahwa ia sedang menjalani perawatan RS Amal Sehat Sragen karena positif Covid-19. Minggu pagi, Annas juga mengirim pesan kepada Riri yang menyatakan ia sedang memakai bantuan oksigen.

Annas Habibie bukan satu-satunya orang di keluarganya yang meninggal karena Covid-19. Lewat akun Facebooknya, Annas Habibi, pada 10 Mei 2021, Annas mengunggah tulisan panjang yang menceritakan soal kehilangan enam anggota keluarganya dalam kurun waktu dua bulan.

Enam anggota keluarga tersebut termasuk ayah dan ibu Annas, kemudian bulik, pakde, saudara di Bangak dan eyangnya di desa. “Beliau2 ini berpulang dalam jarak yg sangat dekat. Nyesek? Iya. Kehilangan? Banget. Bayangin seperti di’pukul’ berulang kali dan berturut-turut,” tulis Annas dalam unggahan pada akun FB tersebut yang berjudul “Saya peduli kalian” itu.’

Baca juga: Pakar Studi Media dan Demokrasi Daniel Dhakidae Wafat

Dalam unggahan itu, Annas juga menceritakan perlakuan diskriminatif dan dikucilkan yang ia dapat karena orang-orang tercintanya itu dimakamkan dengan protokol kesehatan. Perlakuan diskriminatif itu ia dapat termasuk dari orang-orang yang ada hubungan darah dengannya.

“Saat pemakaman, bahkan sampai 100 harian tidak pernah menampakkan diri, untuk sekadar menyapa atau menguatkan kami (jangankan secara fisik, WA atau telpon pun tidak),” tulis Annas Habibie yang meninggal dunia pada Minggu sore itu.

Lebih lanjut ia menceritakan dampak dari kehilangan orang-orang tercinta itu untuk fisik dan psikisnya. Dua bulan ia menyendiri, mengunci pintu rumah, keluar hanya untuk ke musala dan makam ayah dan ibuya.

“Pernah saking kangennya, jam setengah 12 malam, saya lewati makam bapak ibunya saya. Bahkan saat Ramadan ssya lewati rumah dan makam bapak ibu utk sekadar ngucapin “Sahur Pak Bu.”

Pada akhir tulisan, Annas menyampaikan harapan agar teman-temannya tidak bernasib sama dengannya. “Mohon maap jika saya terkesan pedas. Karena saya, nggak mau kalian seperti saya,” tulisnya, beberapa waktu lalu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*