Sebanyak 10 Ribu Relawan Mundur, Olimpiade Tokyo 2020 Tetap Digelar

Mari berbagi

JoSS, TOKYO – Presiden Komite Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto mengatakan pelaksanaan Olimpiade Tokyo tetap digelar meski di tengah meningkatnya kasus penularan virus corona di negara itu. Padajal sekitar 10.000 dari 80.000 sukarelawan yang mendaftar untuk membantu hajatan olah raga internasional itu telah mengundurkan diri.

Rencana itu diungkap di tengah keraguan dikalangan pemerintah kota dan tenaga kesehatan terkait apakah pesta olahraga tersebut bisa diselenggarakan dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

“Kami tidak bisa menunda lagi,” kata Hashimoto mantan atlet speed skater yang sekarang menjadi politikus.

Dilansir dari tempo.co, hasil jajak pendapat masyarakat secara konsisten memperlihatkan sebagian besar masyarakat Jepang ingin Olimpiade Tokyo dibatalkan atau ditunda lagi. Olimpiade Tokyo 2020 sudah ditunda selama lebih dari setahun gara-gara pandemi Covid-19.

Sebagian besar Dewan Metropolitan Kota Tokyo juga berpandangan serupa (Olimpiade ditunda lagi).

Sedangkan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga tampaknya akan menyerukan untuk dilakukan pemilu dini setelah Olimpiade dan Paralympic Games. Ini menjadi sinyalemen agar Olimpade Tokyo 2020 tetap diselenggarakan.

Rencananya, Olimpiade Tokyo akan dilakukan pada 23 Juli 2021. Penonton dari luar Jepang, tidak diperkenankan hadir untuk menonton pertandingan secara langsung. Sedangkan untuk penonton dari wilayah Jepang, masih belum diputuskan apakah diperbolehkan datang menyaksikan pertandingan atau tidak.

Baca juga: Wakil PM Jepang Ditantang Minum Air Limbah Radiasi Nuklir Fukushima

Sementara itu, Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura mengatakan para fans yang berteriak dan saling berpelukan, berpotensi menularkan virus corona.

Kota-kota yang akan menjadi tuan rumah pelatihan para atlet atau acara Olimpiade, mulai waswas kalau kedatangan pengunjung bisa menyebarkan varian baru  Covid-19 dan membuat tenaga kesehatan Jepang terseok-seok.

Televisi setempat, NHK melaporkan sekitar 10.000 dari 80.000 sukarelawan yang mendaftar untuk membantu di Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade Tokyo 2020 telah mengundurkan diri, pada Rabu.

Event Olimpiade Tokyo 2020, yang menghabiskan US$ 15,5 miliar (Rp 221 triliun), ditunda tahun lalu karena pandemi virus corona, tetapi akan dimulai pada 23 Juli, dikutip dari Reuters, 3 Juni 2021.

“Tidak salah lagi bahwa kekhawatiran atas virus corona dapat menjadi faktor, serta konflik penjadwalan karena penundaan,” lapor surat kabar Nikkei mengutip CEO panitia penyelenggara Tokyo 2020, Toshiro Muto, mengatakan tentang mundurnya para sukarelawan.

Namun, lebih sedikit sukarelawan tidak akan berdampak pada operasi mengingat tidak ada penonton asing dan pengurangan acara, tambahnya.

Berbagai jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas warga Jepang menentang penyelenggaraan Olimpiade musim panas ini selama pandemi Covid-19.

Asosiasi dokter telah mengutarakan kekhawatiran acara tersebut akan membebani sistem perawatan kesehatan melihat jumlah rekor kasus dan lambatnya vaksinasi.

Dalam salah satu peringatan terkuat, penasihat medis pemerintah Shigeru Omi mengatakan penyelenggara harus menjelaskan kepada publik mengapa mereka melanjutkan acara. “Tidak normal mengadakan Olimpiade dalam situasi seperti ini,” kata Omi kepada komite parlemen.

Pasalnya ribuan atlet, ofisial, dan media akan masuk ke Jepang, di mana pekan lalu keadaan darurat di Tokyo dan daerah lain diperpanjang hingga 20 Juni. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*