SPAM Semarang Barat Beroperasi, Penuhi Kebutuhan Air Bersih 60 Ribu Keluarga

SPAM Semarang Barat (Foto: Semarang Pemkot)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, senilai lebih dari Rp1 triliun selesai dikerjakan dan resmi dioperasikan mulai 22 Mei 2021. SMPAM ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 60 ribu keluarga di kota ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam siaran pers di Semarang, Minggu, mengatakan proyek yang merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha tersebut bisa terselesaikan tepat waktu. Ia menambahkan keberadaan SPAM Semarang Barat menambah cakupan penyediaan air bersih dari 60 persen menjadi 80 persen.

Politikus PDIP yang akrab disapa Hendi ini meminta PDAM Tirta Meodal dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sehingga bisa mengurangi keluhan masyarakat berkaitan dengan kinerja BUMD milik Pemerintah Kota Semarang ini.

Baca juga: Digadang Jadi Pengendali Banjir Semarang, Bendung Gerak KBB Selesai Dibangun

“Dengan beroperasinya SPAM Semarang Barat ini mudah-mudahan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik,” katanya. Proyek SPAM Semarang Barat yang dibangun di kawasan Jatibarang, Kota Semarang, tersebut dibiayai bersama-sama antara pemerintah pusat, Pemerintah Kota Semarang, dan pihak swasta.

Sebelumnya SPAM Semarang Barat yang telah diujicoba pekan lalu. Progres pengerjaan pada awal bulan ini pun telah mencapai 99.545%, lebih tinggi 0,287% dari rencana progres sebesar adalah 99.258%.

Dia berharap, SPAM Semarang Barat dapat beroperasi maksimal untuk menambah ketersediaan air baku di wilayah Ibu Kota Jawa tengah.

“Menggunakan sistem KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), SPAM Semarang Barat pun kemudian menjadi proyek percontohan dengan inovasi skema pembiayaan non APBD,” kata Hendi.

Hendi menyebut, SPAM Semarang Barat menjadi salah satu project yang ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, beroperasinya sistem pengolahan air minum itu akan berdampak pada terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk sekitar 60.000 keluarga di Kota Semarang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang, penyedia jasa, khususnya Bapak Presiden Jokowi, karena hari ini sudah bisa dilakukan uji coba atau trial untuk SPAM Semarang Barat ini,” tutur Hendi.

“Untuk COD (Commercial Operating Date) nya sendiri nanti pada tanggal 22 Mei 2021. Jadi Alhamdulillah pekerjaannya tepat waktu, bahkan lebih cepat dari perkiraan, dan mudah – mudahan dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat Kota Semarang,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*