SPAM Semarang Barat Habiskan Biaya Rp 1,15 Triliun

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Semarang Barat dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp 1,15 triliun dan mulai dikerjakan pekan ini.

Pembangunan SPAM Semarang Barat ini ditangani PT Air Semarang Barat (ASB), yang merupakan perusahaan konsorsium dan dibentuk oleh PT Aetra Air Jakarta dan PT Medco Infrastruktur Indonesia. Mereka bakal mengelola selama 25 tahun.

Proyek ini ditargetkan bisa menghasilkan total kapasitas 1.000 liter air bersih per detik untuk menyuplai di 31 kelurahan di wilayah tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu.

Pj Direktur Utama PDAM Kota Semarang, Iswar Aminuddin menegaskan target sebelumnya, proyek ini akan diselesaikan dalam waktu dua tahun ke depan. Namun pihaknya akan melakukan percepatan, sehingga dalam 1,5 tahun ke depan proyek ini bisa diselesaikan.

Pemkot Semarang dibantu dengan pemerintah pusat harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di tiga kecamatan tersebut. Sebab, selama ini tiga kecamatan tersebut sering terjadi krisis air bersih karena belum tercover oleh PDAM.

Baca jugaTerkendala Pembebasan Lahan, SPAM Semarang Barat Terancam Mandek

“Masalah air ini tidak hanya membawa dampak keterbelakangan di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Dengan adanya SPAM Semarang Barat ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” katanya seperti dikutip Jatengtoday.com.

Bagaimanapun, lanjut Iswar, air merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat dalam melangsungkan hidup.

“Sehingga percepatan pembangunan harus dilakukan. SPAM Semarang barat juga akan menyuplai kebutuhan air bersih bagi sekitar 420.000 jiwa atau sekitar 30 persen dari jumlah warga Semarang,” katanya.

Lebih lanjut, pembangunan ini menggunakan skema KPBU. Sebagian dana dibiayai oleh investasi badan usaha yakni PT Aetra Air Jakarta dan PT Medco Infrastruktur Indonesia selaku pemenang tender.

Kedua perusahaan tersebut kemudian membentuk perusahaan PT Air Semarang Barat dengan nilai investasi sebesar Rp 417,2 miliar. Tanpa membutuhkan dana Viability Gap Fund (VGF) dari Pemerintah. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*