Per 1 Juni Diblokir, Segera Ganti ATM Magnetic Strip Dengan Debit Chip

Ilustrasi
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Bank Mandiri meminta nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe ke kartu ATM mandiri debit chip.

Konversi ke kartu ATM Mandiri debit chip dari debit magnetic strip sesuai dengan arahan yang sudah dihimbau oleh pihak Bank Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan Mandiri debit.

Pemblokiran ini dilakukan apabila nasabah belum mengkonversi kartu ATM andiri Debit Magnetic Stripe ke Mandiri Debit Chip hingga waktu yang ditentukan. Untuk proses pemblokiran dilakukan secara bertahap dengan mengikuti kriteria masa berlaku kartu.

Adapun kartu yang expired dalam kurun waktu 2021 hingga 2022 akan diblokir pada 1 April 2021, untuk kartu yang masa aktifnya dari 2023-2025 akan diblokir pada 1 Juni 2021, dan masa aktif 2026-2030 akan diblokir pada 1 Juli 2021.

Baca juga: Mandiri Debit Magnetic Stripe Segera Diblokir, Segera Periksa Kartu ATM Anda

Mengenai urgency perubahan kartu ini, pihak Bank Mandiri menuliskan, “Untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Kartu berbasis chip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.”

Jika nasabah tidak melakukan pendaftaran hingga tanggal pemblokiran maka Mandiri Debit Magnetic Stripe nasabah akan otomatis terblokir secara permanen dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun termasuk penggantian password log in mandiri online.

Jika kartu sudah terblokir, Nasabah harus segera pergi ke Cabang terdekat untuk melakukan penggantian kartu ke Mandiri Debit Chip untuk dapat bertransaksi kembali. Hal ini dikarenakan kartu Mandiri Debit Magnetic Stripe hanya bisadigunakan sampai tanggal blokir yang sudah ditentukan.

Terkait pemblokiran Mandiri Debit ini, pihak bank nantinya akan memberikan pesan kepada setiap nasabahnya melalui Whatsapp, SMS, dan e-mail blast kepada nomor telepon dan email yang terdaftar di Bank Mandiri.

Dalam pergantian jenis kartu ini nasabah bisa menggantinya melalui cabang Bank Mandiri terdekat tanpa dikenai biaya apapun. Sedangkan untuk pendaftarannya, nasabah dapat membawa dokumen seperti KTP, sedangakan untuk WNA dapat membawa paspor. Selain itu yang perlu dibawa ialah kartu ATM mandiri debit magnetic stripe yang akan diganti. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*