Pakar Biologi Kelautan Gunakan Reef Star Untuk Pemulihan 45 Hektare Terumbu Karang

estorasi terumbu karang di Indonesia menggunakan Reef Star (Foto: dailymail.co.uk)
Mari berbagi

JoSS, SULAWESI – Para ahli biologi Kelautan University of Exeter yang telah melakukan restorasi terumbu karang di Indonesia menggunakan Reef Star untuk pemulihan sekitar 45 hektare terumbu karang di Kepulauan Spermonde, di wilayah Pulau Sulawesi.

Para Ilmuwan tersebut memperingatkan, 90 persen terumbu karang dunia dunia akan menghilang dari Bumi pada 2043 karena perubahan iklim dan campur tangan manusia.

Untuk menyelamatkan terumbu karang dari kepunahan, para ilmuwan menggunakan Reef Stars untuk memulihkan 45 hektar terumbu karang di Kepulauan Spermonde, Sulawesi, Indonesia, yang telah membusuk.

Reef Star adalah kerangka baja yang terbuat dari bahan bersumber secara lokal dan dilapisi dengan pasir yang ditanam di dasar laut, untuk mendorong pertumbuhan karang.

Struktur tersebut berfungsi sebagai dasar bagi karang muda untuk menempel, memungkinkannya untuk menetap di dasar dan tumbuh kembali di lokasi baru.

Baca juga: Taman Nasional Ras Mohammad Surga Bawah Laut Merah

Selama dua tahun, tim telah menggunakan Reef Stars untuk menumbuhkan kembali karang, dalam program restorasi terumbu karang terbesar di dunia dan mengungkapkan kemajuan program ini dalan Hope Reef.

Pertumbuhan karang meningkat dari lima menjadi 55 persen di lepas pantai Sulawesi dan kelimpahan ikan serta spesies lain seperti hiu juga telah meningkat.

“Tidak mungkin bagi karang alami untuk menetap di wilayah yang telah rusak atau membusuk karena bayi karang dapat tersapu oleh gelombang dan mati,” kata Dr. Tim Gordon, ahli biologi kelautan di University of Exeter.

Gordon dan rekan-rekannya telah mengerjakan proyek di Indonesia selama 13 tahun. Tim mengembangkan alat yang berbeda, berkolaborasi dengan ilmuwan di seluruh dunia, dan menjalin ikatan dengan komunitas lokal.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (6/5/2021), para peneliti berharap seluruh terumbu karang tumbuh kembali pada 2029.

Gordon sebelumnya juga menggunakan Reef Stars di dua terumbu di Great Barrier Reef, yaitu Moore Reef dan Green Island. Penelitian sebelumnya pada bulan lalu menunjukkan hingga 99 persen dari Great Barrier Reef bisa punah karena perubahan iklim.

Akademi Sains Australia mengungkapkan jika pemanasan 1,5 derajat Celcius terus berlanjut, sistem terumbu karang terbesar di dunia pada akhirnya akan binasa. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*