Riset RevoU: UGM Unggul dalam Pemeringkatan Website dan Media Sosial

Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (Foto: ayoyogya.com)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JOGJA – Universitas Gadjah Mada Jogjakarta menjadi salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam kualitas pengelolaan website dan media sosial. Hal itu berdasarkan riset yang dilakukan oleh RevoU, perusahaan rintisan di bidang teknologi edukasi.

Riset tersebut mencatat, UGM memiliki pengunjung bulanan website terbanyak dengan jumlah 6,1 juta, serta memiliki jumlah pengikut terbanyak di Instagram dengan 750 ribu pengikut.

“Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat, tentunya pemanfaatan website dan media sosial menjadi perhatian penting karena dengan platform ini kami bisa menjangkau audiens secara lebih luas dan mudah,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr. Iva Ariani, Rabu (7/4).

Untuk melihat perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kualitas website dan media sosial terbaik, data yang dikumpulkan dan dibandingkan meliputi jumlah pengunjung website bulanan, jumlah pengikut di media sosial Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Youtube, jumlah konten di masing-masing media sosial tersebut, serta strategi konten media sosial.

Dilansir dari ugm.ac.id, RevoU memaparkan bahwa Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia bersaing sengit sebagai unggulan di sejumlah area penilaian.

Baca juga: UGM Bakal Bangun Pusat Kebudayaan Yang Bisa Diakses Publik

Selain menjadi yang terunggul dalam jumlah pengunjung website dan jumlah pengikut di Instagram, UGM memiliki jumlah pengikut terbanyak kedua di Twitter dan LinkedIn dengan 1,1 juta dan 153 ribu pengikut, serta jumlah subscriber terbanyak ketiga di Youtube dengan jumlah 59 ribu.

Selain memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, rata-rata interaksi di akun Instagram UGM juga terbilang cukup tinggi, dengan rata-rata jumlah likes sebanyak 10 ribu dan 46 komentar. Selain itu, rata-rata kenaikan jumlah pengikut di akun UGM juga tinggi yaitu sebesar 220 pengikut setiap harinya.

“Salah satu strategi yang dilakukan adalah membuat variasi konten sesuai dengan perkembangan tren media sosial dan juga sesuai dengan kebutuhan audiens,” imbuh Iva.

Untuk laman website, berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang orang habiskan di 5 website universitas dengan pengunjung bulanan terbanyak (UGM, UI, Binus, ITB, dan Brawijaya) adalah 5,5 menit. Selain laman utama website yang biasanya mendapatkan organic traffic terbesar, ada beberapa laman di website UGM yang mendapatkan organic traffic yang cukup tinggi.

UGM juga menjadi satu-satunya universitas dari 30 universitas yang dinilai cukup aktif memproduksi konten di LinkedIn.

Melansir laman journal.revou.co, riset ini dilakukan untuk mengetahui perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki website dan media sosial terbaik serta strategi yang dilakukan pada masing-masing aset digital yang dimiliki.

Riset ini dilakukan terhadap tiga puluh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, menggunakan data yang dikumpulkan pada bulan Maret 2021 dari berbagai sumber, seperti Similarweb, Ahrefs, Socialblade, serta kanal media sosial resmi masing-masing universitas. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*