Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Idulfitri Berjamaah Di Masjid, Ini Syaratnya

Ilustrasi (Foto: dmagz.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah mengizinkan pelaksanaan salat Tarawih dan Salat Idulfitri dilakukan secara berjamaah di masjid atau di luar rumah. Meski demikian pemerintah memberi catatan sejumlah syarat yang harus diterapkan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan ibadah itu harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Khusus kegiatan ibadah selama Ramadan dan Idulfitri, yaitu tarawih dan salat ied, pada dasarnya dibolehkan, yang harus dipatuhi adalah protokol kesehatan dilaksanakan dengan sangat ketat,” kata Muhadjir dalam konferensi pers, Senin (5/4).

Muhadjir mengatakan, baik salat tarawih maupun salat Idulfitri boleh dilaksanakan di masjid atau di luar ruangan selama jemaahnya masih dalam satu lingkungan yang sama.

“Cuma terbatas pada komunitas. di lingkup komunitas, di mana jamaah harus saling kenal, jemaah dari luar mohon supaya tidak diizinkan, dan salat jemaah ini dibuat sesimpel mungkin, sehingga waktunya tidak panjang, mengingat masih darurat,” kata dia.

Baca juga: Terbitkan Peraturan Presiden Untuk Larang Mudik Lebaran

Ia juga mengingatkan agar para jamaah tak berkerumun saat akan menuju tempat salat, baik di masjid maupun di lapangan.

“Supaya menjaga tidak terjadi kerumunan, terutama saat menuju tempat salat jemaah, di lapangan, maupun di masjid, maupun ketika bubar dari salat jemaah,” ucapnya.

Sementara itu, dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, pemerintah sebelumnya memperluas penerapan PPKM skala mikro dari 15 provinsi menjadi 20 provinsi. Lima daerah tambahan yakni Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Riau dan Papua. Pelaksanaan PPKM berlangsung sejak 6 hingga 19 April.

“Secara keseluruhan ikut PPKM ada 20 provinsi untuk periode 6-19 April. Perpanjangan PPKM tahap berikutnya atau kelima untuk dua minggu ke depan,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*