Pantai Wediombo Gunungkidul, Surga Tersembunyi Bagi Para Peselancar

Pantai Wediombo (Foto: indonesia.travel)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

GUNUNGKIDUL memang terkenal akan pantai pasir putihnya. Deretan pantai di pesisir Selatan Jawa ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari ombak, pasirnya hingga keindahan karangnya. Yang sudah banyak dikenal antara lain pantai Baron, pantai Krakal, Pantai Indrayanti dan lainya.

Meski demikian, ada satu pantai lagi yang belum banyak dikenal yang kini mulai jadi incaran para traveler, Pantai Wediombo. Pantai yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul Jogja, ini bahkan disebut ‘Surga Tersembunyi’ bagi para peselancar.

Sesuai dengan namanya Wediombo atau “pasir yang luas”, pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan luas jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga dari lokasi parkir.

Yang membedakan Pantai Wediombo Gunungkidul Jogja pantai-pantai lainnya di kabupaten Gunung Kidul adalah batuan jenis Andesit yang tersusun rapi di pinggir pantai. Bagi Anda yang ingin snorkeling juga ada spot menarik, baik di kawasan pantai maupun agak ke tengah laut, dengan peralatan yang sudah disediakan pengelola.

Batuan ini merupakan batuan Gunung, yang kemungkinan dahulu di tempat ini ada/dekat dengan Gunung Berapi. Dengan adanya batuan ini tentunya akan menambah keelokan pantai Wediombo dan menjadikan spot foto yang menarik.

Baca juga: Komunitas Agen Perjalanan Menilai Paket Wisata Gowes Jogja Jadi Terobosan Kebangkitan Pariwisata

Tak banyak yang tau bahwa di deretan karang sisi selatan (Bagi yang binggung arah di sisi Timur) Wediombo terdapat laguna kecil. Laguna tersebut diapit batu-batu karang sehingga saat laut surut bisa digunakan untuk berenang. Laguna ini memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter, saat dilaguna wisatawan akan merasakan cipratan air dari ombak yang menerjang karang. Perlu diingat saat laut pasang sebaiknya tidak berenang di laguna tersebut.

Pantai wediombo merupakan spot paling pas untuk mengabadikan moment sunset. Selain hiasan batuan di sepanjang bibir pantai serta terdapat bukit kecil menjadikan view sunset yang tak terlupakan. Di tambah lagi dengan posisi pantai yang menghadap ke barat dan juga sebuah tebing karang yang agak menjorok, membuat sunset pantai wedi ombo semakin indah nan mempesona.

Yap, Pantai Wediombo Gunungkidul Jogja layaknya sebuah teluk sehingga menjadikan ombak disini cukup stabil. Banyak yang menilai bahwa Ombak di wediombo merupakan ombak terbaik di Jogja. Maka tak heran lokasi ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pemburu ombak.W

Wisatawan yang ingin Surfing di Jogja silahkan datang ke Wediombo dan menghubungi Wediombo Surfing Society (WOSS) yang selalu standby di lokasi. Dengan harga yang relatif murah wisatawan dapat mengikuti kelas singkat surfing selama 1,5 jam. Disana akan diajari teori dasar sekaligus praktek surfing.

Alam yang indah, Wisata yang lengkap dalam satu lokasi, dan ditambah lagi dengan harga yang sangat bersahabat merupakan dayatarik wisata pantai Jogja ini.

Sebagai bahan anggaran perjalanan, berikut daftar harga di Wisata pantai Wediombo, seperti dilansir dari wisatakaka.com: tiket masuk Rp 5.000, Parkir motor Rp 2.000, parkir menginap Rp 4.000
Parkir mobil Rp 5.000: menginap Rp 10.000. Untuk Surfing: Rp 100.000 (surf board, pemandu, foto)
Snorkeling:  Lokasi di area pantai Rp 30.000, Lokasi ke tengah laut Rp 80.000 (harus naik kapal. Minimal 6 orang). Sewa motor trail: Rp 100.000, Sewa surfboard: Rp 50.000, Sewa body boot: Rp 20.000
Sewa payung: Rp 15.000, Sewa tenda kapasitar 4 orang: Rp 35.000 / malam. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*