Pakar Kerajaan Sebut Pangeran Charles Akan Menjadi Raja ‘Semu’ Usai Meninggalnya Sang Ayah

Pangeran Charles di upacara pemakaman Pangeran Philip (Foto: kcbd.com)
Mari berbagi

JoSS, LONDON – Seorang pakar kerajaan sekaligus penulis biografi, Robert Jobson mengatakan pewaris takhta berikutnya yakni Pangeran Charles akan mengambil alih peran sebagai kepala keluarga, setelah Pangeran Philip meninggal dunia.

Hal itu menjadikan Pangeran Charles sebagai Raja ‘semu’ karena Ratu Elizabeth II tidak akan pernah turun tahta sampai kematiannya. Menurut Robert Jobson, Charles juga akan melakukan kunjungan negara atas nama sang ibu, Ratu Elizabeth II yang akan berusia 95 tahun dalam hitungan hari.

Dia mengatakan bahwa ada ‘kesempatan untuk perubahan’, dan Pangeran yang berusia 72 tahun tersebut pada dasarnya bisa menjadi raja dalam segala hal, kecuali nama.

“Pangeran Wales akan naik tingkat, dengan cara yang telah dilakukannya selama lima tahun terakhir. Namun, sekarang dia adalah ‘bapak bangsa’ dari keluarga, karena Duke of Edinburgh sudah tiada,” tutur Robert Jobson, dilansir dari Mirror UK, Senin (19/4/2021).

Sementara itu, dilansir dari Telegraph Pangeran Charles dan William akan memimpin pertemuan untuk membahas masa depan monarki setelah kematian Pangeran Philip.

Bersama dengan Ratu Elizabeth II, kedua ahli waris tahkta Inggris itu akan merencanakan anggota “The Firm” mana yang akan menjadi pekerja aktif kerajaan dan apa yang harus mereka lakukan.

Hal itu dilakukan setelah kematian Duke of Edinburgh pada 9 April menimbulkan pertanyaan, apakah ratusan tugasnya harus diturunkan. Kepergian Pangeran Harry dan Meghan Markle memperumit masalah dengan mengurangi jumlah orang yang tersedia untuk membantu Ratu dalam peran-peran penting.

Baca juga: Akhiri Perang Terpanjang, Presiden Amerika Joe Biden Umumkan Tarik Pasukan Dari Afghanistan

Sumber mengatakan kepada Telegraph, seperti dilansir dari Kompas.com menyebutkan tugas pribadi anggota tidak dapat diputuskan secara terpisah karena terkait erat satu sama lain. Pangeran Charles dikatakan memimpin pertemuan itu. Sebab dia menjadi Raja berikutnya, dan karena setiap keputusan segera akan memengaruhi pemerintahannya.

Tapi dia diketahui juga ingin putranya Duke of Cambridge terlibat dalam setiap langkah untuk kebijakan besar, yang memengaruhinya dia mewarisi takhta. Sementara Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex diyakini mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh setelah Duke dan Duchess of Sussex keluar sebagai anggota kerajaan aktif.

Mereka diharapkan mengambil peran yang lebih besar meski sudah memenuhi 544 tugas pada tahun lalu sebelum penguncian virus corona. Harry dan Meghan melakukan 558 pekerjaan di antara mereka pada 2019, yang berarti Royals harus meninjau bagaimana itu akan didistribusikan kembali.

Pangeran Andrew (Duke of York), yang mundur dari tugasnya setelah wawancara Newsnight tentang persahabatannya dengan Jeffrey Epstein, juga memiliki peran yang mungkin perlu diatur. Duke of York, Pangeran Philip dan Pangeran Harry memiliki ratusan tugas dan gelar militer yang sekarang perlu diambil alih.

Pangeran Wales dan Duke of Cambridge (Charles dan William) diharapkan untuk memutuskan selama beberapa minggu dan bulan ke depan, bagaimana mereka akan menangani masalah tersebut. Posisi mereka dikatakan semakin penting bagi Ratu setelah periode peninjauan Harry dan Meghan berakhir bulan lalu.

Tetapi penurunan kesehatan Duke of Edinburgh yang diikuti dengan kematiannya lebih dari seminggu kemudian, mengubah fokus. Pangeran Charles menginginkan monarki yang lebih kecil yang terdiri dari Ratu, Pangeran Philip, dirinya sendiri, istrinya Duchess of Cornwall, Cambridges dan Pangeran Harry.

Dalam rencana ini Duke of Sussex diharapkan membantu sampai anak-anak William dan Kate, George, Charlotte dan Louis, tumbuh dan mengambil peran.

Pangeran Charles mengambil bagian dalam 550 tugas Kerajaan pada 2019, sementara Duke of Cambridge fokus pada 220 tugas. Pangeran William diyakini lebih memilih pendekatan yang ditargetkan, sehingga dia dapat memberikan lebih banyak dukungan untuk setiap tujuan. Saat ini sekitar 15 anggota Keluarga Kerajaan mengambil bagian dalam lebih dari 3.000 tugas per tahun. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*