Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Ala Ahli Gizi

Ilustrasi (Foto: depositphoto)
Mari berbagi

SUDAH menjadi tradisi dalam menghidangkan menu sahur dan berbuka dengan beraneka ragam masakan, harapannya untuk menggantikan nutrisi setelah seharian berpuasa. Namun kadang hal ini justru menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Untuk itu, masyarakat diminta untu tetap bijak dalam memilih menu berpuasa maupun sahur.

Dokter spesialis gizi klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Wahyu Ika Wardhani, M.Biomed, M. Gizi, Sp.GK memberikan beberapa tips pemilihan makan yang baik saat memasuki bulan puasa. Beberapa disarankan agar dihindari, menu lainnya justru disarankan harus dikonsumsi.

Pertama adalah untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks.

Misalnya nasi beras merah atau roti gandum. Lalu perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat, serta konsumsi pula lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur.

Kedua adalah jaga asupan air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan tetap minum air putih minimal delapan gelas sehari (2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur). “Pastikan makanan yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan,” kata Wahyu.

Dan yang terakhir adalah pemilihan menu untuk berbuka puasa. dr Waryu menyarankan masyarakat untuk menghindari makan yang terlalu berlebihan saat berbuka puasa dan nikmatilah makanan secara perlahan.

Tips pemilihan makanan lainnya yaitu hindari pula mengonsumsi gorengan serta batasi gula sederhana. Contoh makanan berbuka yang baik misalnya kurma.

Sesuai sunnah Nabi, kita dapat mengonsumsi 3 buah kurma saat berbuka. Kurma adalah sumber serat yang baik. Saat berbuka, kita tidak harus mengonsumsi makanan yang manis seperti banyak jargon yang menyebutkan “berbukalah dengan yang manis”.

Baca juga: Puasa Jadi Mudah Marah? Ini Penyebabnya

Sebagaimana diketahui konsumsi kurma pada bulan Ramadan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir Healthline, buah kurma kaya akan nutrisi. Sebab, buah ini dikeringkan, sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar.

Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara. Kendati mengandung kalori yang tinggi serat, kurma ternyata juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Selain itu, menurut National Institute of Health (NCBI), kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi, yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan.

Buah kurma juga tinggi serat.  Selama berpuasa, kebutuhan serat untuk tubuh juga harus terpenuhi. Mendapatkan serat yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

Dengan mengkonsumsi satu porsi kurma sekitar 100 gram, selama puasa, maka asupan serta yang dibutuhkan oleh tubuh dapat meningkat. Manfaat serta sangat baik bagi kesehatan pencernaan, yakni mencegah sembelit.

Dalam sebuah penelitian terhadap 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari, mengalami peningkatan frekuensi buang air besar yang signifikan dibandingkan ketika mereka tidak makan kurma.

Lebih jauh, manfaat kurma selain kaya serat, juga memiliki manfat dalam mengontrol gula darah. Sebab, serat dapat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Jadi, kandungan kurma sangat baik dikonsumsi setelah makan, baik saat buka puasa maupun sahur. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*