Ini Syarat Prokes Yang Harus Dipatuhi Peserta UTBK SBMPTN di UNS Solo

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Jateng yang menjadi lkasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, pada Senin (12/4) mendatang.

Dikutip dari instagram resmi UNS di @uns.official, Jumat (9/4), peserta UTBK di Pusat UTBK UNS tidak diwajibkan membawa hasil rapid test, test antigen, swab atau surat sehat.

Tetapi peserta wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan tata tertib UTBK sesuai ketentuan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Prokes apa saja yang harus dikenakan saat UTBK?
1. Peserta wajib
a. menggunakan masker medis
b. memakai masker menutupi mulut dan hidung
c. membawa hand sanitizer serta alat tulis pribadi
d. kondisi sehat dan suhu badan dibawah 37 derajat celcius. Jika pengecekan oleh petugas menunjukkan suhu tubuh diatas 37 derajat maka peserta dapat beristirahat 10 menit kemudian cek suhu tubuh lagi. Jika suhu tetap melebihi ketentuan maka peserta segera memeriksakan diri ke pos kesehatan Pusat UTBK UNS.
e. menjaga jarak minimal 1,5 m dengan orang lain
f. mencuci tangan dengan sabun dan air di tempat yang telah disediakan
g. menunggu diluar gedung ujian sebelum dipersilakan masuk oleh petugas
h. membasuh tangan dengan hand sanitizer yang diberikan petugas keamanan sebelum memasuki gedung ujian.

2. Peserta disarankan menggunakan baju lengan panjang, bawahan panjang dan sepatu tertutup.
3. Peserta hanya diperbolehkan:
a. membawa barang yang diperlukan saat ujian
b. diantar oleh maksimal 1 orang dan dipantau oleh petugas keamanan. Setelah pengantaran, pengantar wajib meninggalkan kampus UNS
4. Selama berada di lingkungan kampus UNS, peserta dilarang:
a. melakukan kontak fisik dengan orang lain
b. berkerumun
c. mengobrol, makan dan minum didalam gedung lokasi ujian
d. peserta wajib mengikuti tata tertib UTBK sesuai ketentuan LTMPT

Baca juga: Dorong Program KMMB, UNS Kembangkan Laboratorium FEB Menuju Revenue Generating

Petunjuk teknis LTMPT mewajibkan peserta mengetahui ruang ujian dan lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan UTBK secara daring. Peserta dianjukan mengecek lokasi ujian secara online melalui laman spmb.uns.ac.id mulai H-2.

Jika terdapat perubahan waktu, apakah harus mencetak kembali kartu UTBK? Setelah ditetapkan LTMPT, maka jadwal bersifat permanen dan tidak ada relokasi tempat ujian. Oleh karena itu, peserta tidak perlu mencetak kartu kembali.

Jika tidak memiliki KTP, SIM, atau kartu pelajar hilang, kartu identitas apa yang bisa digunakan?
Menurut ketentuan LTMPT, peserta wajib menggunakan Kartu Tanda Peserta Ujian dan fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi.

Atau Surat Keterangan sedang kelas XII dari kepala sekolah yang dilengkapi pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan. Dibubuhi cap sekolah atau kartu identitas (asli). Oleh karena itu, peserta tidak diwajibkan membawa KTP, SIM atau Kartu Pelajar.

Bagaimana jika surat keterangan lulus belum diterbitkan sekolah? Peserta dapat membawa surat keterangan sedang kelas XII dari kepala sekolah yang dilengkapi pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan. Dibubuhi cap sekolah atau kartu identitas (asli).

Apakah terdapat ketentuan pakaian khusus untuk pakaian yang dikenakan saat UTBK? Peserta disarankan menggunakan baju lengan panjang, bawahan panjang. Peserta dilarang menggunakan kaos oblong (tshirt). Peserta harus bersepatu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*