Begini Spesifikasi KRI Nanggala-402, Kapal Selam Milik TNI AL Hilang Kontak di Selat Bali

Ilustrasi kapal selam (Foto: liputan6.com)
Mari berbagi

JoSS, DENPASAR – Satu dari lima kapal selam milik TNI Angkatan Laut hilang kontak di Selat Bali saat menggelar uji coba latihan di perairan Bali bagian Utara tersebut pada Rabu (21/04/2021) pagi. Kapal Selam Nanggala semula ikut dalam scenario pelatihan penembakan rudal di Laut Bali.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono membenarkan soal hilangnya kapal yang bernama KRI Nanggala-402 tersebut. Kapal hilang kontak sejak Rabu pagi tadi atau setelah Imsyak.

“(Kejadian) tadi subuh,” kata Julius saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (21/4/2021).

Di dalam kapal itu pun kata Julius terdapat awak kapal yang terdiri atas prajurit TNI. Akan tetapi Julius tak merinci berapa total awak yang berada di kapal tersebut. Untuk saat ini pihaknya masih mendalami terkait insiden kapal hilang kontak itu.

“Ada (awak) ini kami masih dalami. Dengan tim penyelam,” kata Julius.

Lebih lanjut, ia menyebut ada prajurit TNI yang menjadi awak dalam kapal tersebut. Meski demikian, Julius tidak menjelaskan secara rinci terkait jumlah awak yang ada di dalam kapal saat kejadian.

Sebelumnya diberitakan, kapal selam dan satu anggota TNI dilaporkan hilang kontak saat menjalani latihan tembak terpedo di perairan laut Bali.

Berdasarkan laporan Reuters, Rabu (21/4/2021), TNI AL disebut tengah melakukan pemeriksaan pada salah satu kapal selamnya.

Namun, hingga kekinian, kru yang berada di dalam kapal selam tersebut tidak melaporkan kembali hasil perkembangan latihannya.

Untuk diketahui, kapal selam yang dilaporkan hilang kontak itu adalah KRI Nanggala 402. Kapal selam tersebut merupakan pabrikan Jerman tahun 1981. KRI Nanggala 402 mempunyai kecepatan hingga 21,5 knot dan bisa mengangkut 34 orang penumpang.

Baca juga: Pesawat TNI AU Jatuh, Pilot Selamat Berkat Ejection Seat

Kapal Selam Nanggala 402 merupakan satu dari lima kapal selam milik TNI AL. Di antaranya, Kapal Selam Cakra 401, kemudian Kapal Selam Nagapasa 403, Kapal Selam Ardadedali 404, Kapal Selam Alugoro 405.

Kapal Selam Nagapasa merupakan kapal selam yang diproduksi Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat pada 1981. Kapal selam yang kini sudah berusia 40 tahun tersebut telah banyak berkontribusi dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia dari berbagai ancaman.

Kapal selam yang mampu mengangkut 34 pelaut ini memiliki berat selam 1,395 ton dan sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 21,5 knot. Sebagai bagian dari armada pemukul KRI Nanggala dipersenjatai 14 buah torpedo 21 inci/533 mm dalam 8 tabung.

KRI Nanggala pernah terlibat dalam latihan gabungan TNI AL-US Navy, CARAT-8/02 yang diadakan pada 27 Mei – 3 Juni 2002. CARAT (Coorperation Afloat Readiness and Training) adalah bantuan latihan militer Amerika terhadap militer negara sahabat di Asia Tenggara. Latihan CARAT ini berlangsung di perairan Laut Jawa, Selat Bali dan Situbondo.

Pada 2004, dalam Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) XV/04 di Samudera Hindia, tanggal 8 April hingga 2 Mei 2004, KRI Naggala berhasil menenggelamkan eks KRI Rakata, sebuah kapal tunda samudera buatan 1942 dengan torpedo SUT. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*