43 Koperasi dan UMKM di Jateng Teken Kerja Sama Dengan 4 Hotel Jaringan Accor Group

Ilustrasi kerjasama
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Empat hotel di bawah jaringan Accor Group melakukan kerjasama dengan 43 koperasi dan Usaha Menenengah Kecil Mikro (UMKM) di Jawa Tengah dalam hal penyediaan produk yang dibutuhkan oleh hotel.

Nilai kerja sama yang disepakati untuk kontrak yang berlangsung selama 2 tahun adalah Rp1,56 miliar. Empat hotel yang terlibat dalam kontrak kerja sama tersebut adalah Hotel Novotel dan Hotel Ibis di Semarang, Jawa Tengah, serta Hotel Pullman dan Hotel Ibis Budget di Surabaya, Jawa Timur.

Senior Vice President Accor Operation and Government Relation of Indonesia and Malaysia Adi Satria mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan kerja sama serupa. Menurutnya Accor Group membuka kesempatan bagi produk-produk UMKM dan koperasi untuk memasok beragam kebutuhan hotel jaringan Accor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

“Semua hotel bisa diisi dengan produk UMKM Jateng. Bahkan untuk hotel-hotel yang baru dan sedang dibangun, itu dari awal sudah bisa dikerjasamakan dengan produk UMKM, juga produk pertanian dan perkebunan,” ujarnya saat menghadiri UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel Semarang pada Senin (5/4/2021).

Kasubdit Pemasaran Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Normansyah menyampaikan apresiasi terhadap terbentuknya kemitraan korporasi dengan pelaku UMKM dan koperasi khususnya yang menjalankan usaha di bidang pertanian dan perkebunan.

Dia mendukung kemitraan antara korporasi dengan UMKM penghasil produk pertanian dan perkebunan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Jaringan perhotelan yang dapat menyerap produk tersebut diharapkan terus meningkatkan konsumsinya.

Baca juga: Pemkab Siapkan Lahan Seluas 20 Hektare di KIT Batang Untuk Ruang UMKM

Kerja sama tersebut juga diharapkan dapat direplikasi secara nasional, dan diperluas bukan hanya satu komoditas. “Kami mendukung kemitraan untuk memberikan akses pasar khususnya untuk petani kopi guna memaksimalkan rantai perdagangan dalam negeri,” ujarnya, dilansir dari bisnis.com.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ema Rachmawati, mengatakan kerja sama itu terwujud sebagai bentuk kolaborasi lintas OPD di Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan nanti diperpanjang (kerja samanya). Jumlah itu belum termasuk dengan kerja sama dengan Grand Mercure dan Kemenparekraf,” katanya.

Adapun untuk bisa memenuhi pasar di hotel-hotel, pelaku UMKM juga diharuskan untuk berinovasi terhadap produk-produknya. Ema mencontohkan, produk Wingko “O” yang berinovasi dengan membuat kemasan ukuran kecil atau produk “wedhang uwuh” yang juga harus menyediakan kemasan ukuran kecil agar bisa masuk di mini bar hotel.

Selain itu, lanjut Ema, setiap akhir pekan di hotel-hotel Accor Group yang telah bekerja sama dengan UMKM juga akan ada pameran gratis untuk UMKM. Begitu juga dengan penyediaan coffee corner di hotel-hotel tersebut. “Untuk kopi ini jaringan Accor Group akan menggunakan kopi lokal Jawa Tengah,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*