10 Politeknik dan 2 Akademi Kemenperin Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Begini Cara Daftaranya

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Sebanyak 10 Politeknik Negeri dan 2 akademi di bawah naungan Kemenperin membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021 secara serentak mulai 2 April hingga 10 Mei mendatang.

Penerimaan mahasiswa baru ini melalui program Jarvis (Jalur Penerimaan Vokasi Industri) yang merupakan inovasi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) untuk memfasilitasi peserta yang ingin mendaftar pada perguruan tinggi di bawah Kemenperin, sehingga menjadi terpusat dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Melansir laman resmi, kemenperin.go.id, Jarvis dikhususkan untuk politeknik atau akademi komunitas yang ada di bawah Kemenperin.

Besaran biaya kuliah berbeda-beda pada setiap politeknik atau akademi komunitas. Namun, setiap mahasiswa yang diterima akan mendapatkan subsidi pendidikan yang membuat biaya kuliah tersebut menjadi lebih terjangkau.

Bahkan beberapa kampus ada yang menggratiskan biaya kuliah. Berikut 12 perguruan tinggi negeri di bawah Kemenperin yang masih membuka pendaftaran hingga 10 Mei:

  1. Politeknik STMI Jakarta dengan program studi : (D4) Administrasi Bisnis Otomotif, (D4) Sistem Informasi Industri Otomotif, (D4) Teknik Kimia Polimer, (D4) Teknik Industri Otomotif dan (D4) Teknologi Rekayasa Otomotif.
  2. Politeknik AKA Bogor dengan program studi: (D3) Analisis Kimia, (D3) Penjaminan Mutu Industri Pangan dan (D3) Pengolahan Limbah Industri.
  3. Politeknik APP Jakarta dengan prodi: (D3) Manajemen Logistik Industri Elektronika, (D3) Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT, dan D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika.
  4. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan untuk prodi: (D3) Agribisnis Kelapa Sawit, (D3) Teknik Mekanika dan (D3) Teknik Kimia.
  5. Politeknik ATI Padang prodi: (D3) Teknik Industri Agro, (D3) Analisis Kimia, (D3) Teknik Kimia Bahan Nabati dan (D3) Manajemen Logistik Industri Agro
  6. Politeknik ATI Makassar prodi: (D3) Teknik Industri Agro, (D3) Otomasi Sistem Permesinan, (D3) Teknik Manufaktur Industri Agro dan (D3) Teknik Kimia Mineral.
  7. Politeknik ATK Yogyakarta, prodi: (D3) Teknologi Pengolahan Karet Dan Plastik, (D3) Teknologi Pengolahan Kulit dan (D3) Teknologi Pengolahan Produk Kulit
  8. Politeknik Industri Logam Morowali prodi: (D3) Teknik Kimia Mineral, (D3) Teknik Listrik dan Instalasi dan D3 Teknik Perawatan Mesin
  9. Politeknik STTT Bandung prodi : (D4) Kimia Tekstil, (D4) Teknik Tekstil D4 Produksi Garmen
  10. Politeknik Industri Furniture Dan Pengolahan Kayu – Kendal prodi: (D3) Teknik Produksi Furnitur, (D3) Desain Furnitur dan (D3) Manajemen Bisnis Industri Furniture.
  11. Akademi Komunitas Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Surakarta, prodi:  (D2) Teknik Pembuatan Benang, (D2) Teknik Pembuatan Kain Tenun dan (D2) Teknik Pembuatan Garmen
  12. Akademi Komunitas Industri Manufaktur – Bantaeng, prodi:  (D2) Analis Kimia, (D2) Teknik Perawatan Mesin dan (D2) Teknik Listrik dan Instalasi
Baca juga: Universitas Pertamina Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Rapor

Jadwal jalur penerimaan

  1. Pendaftaran Jalur Penerimaan Vokasi Industri: 2 April – 10 Mei 2021
  2. Pengisian data oleh peserta: 2 April – 10 Mei 2021 Peserta melakukan Pendaftaran Akun pada menu Pendaftaran. Setelah itu mengisi Formulir Pendaftaran di halaman login masing-masing peserta. Jika data peserta sudah divalidasi peserta dapat mencetak kartu ujian pada halaman login masing-masing peserta.
  3. Ujian tulis: 20 Mei 2021 Ujian tulis dilaksanakan secara online. Jika ada perubahan akan diinformasi melalui menu Pengumuman.
  4. Hasil pengumuman ujian tulis: 24 – 25 Mei 2021 Hasil pengumuman ujian tulis dapat dilihat pada menu Pengumuman.
  5. Pengumuman wawancara: sesuai jadwal masing-masing Politeknik Pengumuman mengenai tempat dan waktu Wawancara dapat dilihat pada menu Pengumuman.

Cara pendaftaran Sebelum mengisi pendaftaran, harus mengecek persyaratan prodi di masing-masing Politeknik atau Akademi terlebih dahulu. Untuk mengecek biaya kuliah tiap-tiap kampus dapat dicek pada menu Daftar Kampus-Program Studi-Rincian Biaya Kuliah. Informasi lengkap seputar syarat dan pendaftaran dapat dilihat melalui tautan https://jarvis.kemenperin.go.id/politeknik/. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*