Timlo Sastro, Kuliner Khas Solo Tawarkan Sensasi Makan Soto Rasa Sup

Foto: instagram yettypinarsih
Mari berbagi

JIKA Anda tengah berada di Solo atau berencana mampir ke kota kelahiran Presiden Jokowi, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kulinernya. Ada beberapa kuliner khas yang menjadi ciri khas Solo. Serabi Notosuman, gudeg ceker, selat solo, soto gading, tahu kupat, sate kere, baso, soto timlo, merupakan kuliner yang sering dicari jika berkunjung ke kota ini.

Salah satu kuliner terkenal yaitu soto timlo. Makanan dengan rasa gurih-gurih segar ini selalu dicari orang yang berkunjung. Timlo Sastro yang berlokasi di Jl. Abdul Muis No. 32A Setabelan, Banjarsari buka pada jam 06.30 WIB s.d. 22.00 WIB.

Dulunya sebelum berpindah ke outlet yang baru ini, Timlo Sastro berada di kawasan Pasar Gede sebelah timur, terhitung sejak tahun 1958. Selain itu juga buka cabang di Jl. Dr. Wahidin No. 30 RukoA-5 Penumping, buka pada jam 06.30 WIB – 21.30 WIB.

Timlo Sastro, biasa dikenal juga sebagai timlo Balong diambil dari nama sang pendiri tempat usaha ini, yaitu (alm) Pak Sastro. Pak Sastro membuka warung ini sekitar tahun 1952, awalnya hanya berupa tenda kaki lima sederhana.

Pada saat ini Timlo dikelola oleh keempat anak Pak Sastro di mana keunikannya adalah walaupun perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, pada saat pembayaran masih dihitung manual menggunakan papan tulis kecil dan kapur untuk menghitungnya.

Baca juga: Kampoeng Pecel Klaten, Lima Ribu Dapat Pecel dan Es Cendol Dawet Aloevera Mau?

Tak seperti soto biasa, timlo Solo merupakan hidangan berkuah, terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel dan irisan telur masak kecap. Terkadang ditambah irisan hati ayam dan telur dadar di dalamnya. Kemudian, disiram dengan kuah bening seperti sop.

Masakan ini rasanya gurih dan segar seperti soto, namun juga terdapat cita rasa sup di dalamnya. Sebagian orang yang sudah mencicipinya bahkan menyebutkan bahwa timlo merupakan gabungan rasa soto dan sup.

Bumbu untuk membuat timlo cukup sederhana, terdiri dari pala, bawang putih, lada, dan bawang goreng sebagai bahan tabur di atas nasi. Kuah timlo bening seperti sup, terbuat dari kaldu ayam pekat. Kuah ini dihidangkan dengan berbagai macam varian bahan seperti ati ampela, semur telur bebek atau telor bumbu kecap, potongan daging ayam dan sosis solo.

Di Timlo Sastro ini, Anda dapat memilih menu yang tersedia mulai dari harga berkisar antara Rp. 12.000 untuk paket hemat hingga Rp. 23.000 (Timlo komplit utuh).

Untuk paket komplit ini terdiri dari nasi, ati rempela, telur, dan sosis solo. Sementara paket sederhana terdiri dari nasi dan kuah timlo saja. Minumannya pun beragam dari harga Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000, Anda dapat memesan es stroop, es teh manis, teh manis hangat, susu soda dan lain-lain. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*