Sempat Disunting Soal Jalan Rusak, Profil Desa Cijalingan di Wikipedia Kini Statusnya ‘Digembok’

Desa Cijalingan di Wikipedia yang digembok
Mari berbagi

DESA Cijalingan, Sukabumi ramai diperbincangkan warganet. Pasalnya usai viral seorang guru yang memposting jalan rusak di wilayah itu didatangi dan dibentak aparat desa setempat, profil Desa Cijalingan di situs Wikipedia disunting atau diedit orang tak dikenal.

Hingga Jumat (12/3/2021) pukul 14.05 WIB, di halaman Wikipedia itu disebutkan:

“Silakan lapor KPK atau ombudsman agar dana pembangunan desa dan dana desa dari pusat bisa diusut kejelasannya. Cijalingan adalah desa yang kondisi jalannya sudah rusak bertahun-tahun, dan terkenal dengan aparatur desa yang anti-kritik, sebab ketika warganya mengekspresikan keresahan kondisi desa, aparat desa malah melakukan tindakan intimidatif dengan kekerasan verbal dan jangan lupa brantas sampai ke akarnya. Desa ini terletak di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia,” seperti dilansir dari sukabumiupdate.com, Jumat (12/3/2021).

Disebutkan juga bahwa halaman ini terakhir diubah pada 12 Maret 2021, pukul 05.46.

Seperti diketahui dalam halaman Wikipedia terdapat kolom penyuntingan. Sunting adalah fitur wiki yang paling dasar dari semuanya. Setiap halaman wiki selalu memiliki pranala (link) bertuliskan “sunting” (kecuali untuk beberapa halaman yang dilindungi). Pranala ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menyunting (meng-edit) halaman tersebut. Sebuah situs yang siapapun dapat menyunting isinya disebut wiki.

Setelah viral di media sosial soal penyuntingan halaman tersebut, untuk mengantisipasi penyuntingan lanjutan kini profil Desa Cijalingan berstatus ‘digembok’, atau dilindungi.

“Artikel ini sekarang sedang dilindungi dari penyuntingan hingga 26 Maret 2021. Lihat kebijakan pelindungan dan log pelindungan untuk informasi selengkapnya. Mohon diskusikan perubahan yang ingin dilakukan di halaman pembicaraan; Anda mungkin ingin permintaan penyuntingan untuk meminta pengurus untuk melakukan penyuntingan apabila permintaan tersebut tidak kontroversial atau didukung oleh konsesus. Anda mungkin juga ingin memohon agar halaman ini tidak dilindungi,” demikian pemberitahuan yang muncul di Wikipedia

Diketahui, sebelumnya ramai diberitakan oknum perangkat desa setempat memarahi seorang guru yang mengunggah jalan rusak menuju tempatnya bertugas di Desa Cijalingan menjadi viral.

Sementara itu, pemerintah Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi melakukan Islah atau berdamai dengan Guru yang memposting jalan rusak. Melalui Islah yang dilakukan di Augusta Hotel Cikukulu, Jumat (12/3/2021), kedua pihak menyatakan masalah selesai dan saling memaafkan.

Sementara itu, Guru SMPN 1 Cicantayan yang memposting jalan rusak, Eko Purtjahjanto.menyatakan sudah menganggap kejadian ini beres karena sudah islah.

Pria berusia 49 tahun itu mengungkapkan sudah biasa memposting berbagai hal di media sosial dan dalam setiap postingan di Facebook itu tak ada niat memojokan pihak manapun. Dia pun tak menyangka bahwa jalan rusak yang diposting di akun Facebooknya pada Selasa (9/3/2021) itu berujung kemarahan oknum aparat Desa Cijalingan.

“Itu foto jalan diupload di Facebook. Pokoknya intinya postingan saya dianggap merugikan, bagi perangkat [desa] mungkin,” jelasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*