Sekolah Diminta Bersiap Pembelajaran Tatap Muka, Nadiem: Maksimalkan Dana BOS

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat siaran langsung di Youtube FMB9ID_IKP (3/3)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meminta kepala sekolah mulai bersiap untuk menggelar pembelajaran tatap muka pada Juli mendatang. Persiapan tersebut meliputi penerapan protokol kesehatan di sekolah dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menurutnya setelah vaksinasi guru dan tenaga kependidikan rampung, semua sekolah akan didorong belajar tatap muka. Setelah vaksinasi bergulir, pasti sekolah akan didorong untuk membuka dan memulai tatap muka. Jadi BOS ini benar-benar secara fleksibel akan digunakan untuk persiapan tatap muka.

“Target kita sampai akhir Juni (vaksinasi guru dan tenaga kependidikan selesai), sehingga di minggu kedua, ketiga Juli tahun ajaran baru akan mulai. Semua sekolah seharusnya sudah melakukan tatap muka secara terbatas,” katanya melalui siaran langsung di Youtube FMB9ID_IKP, Rabu (3/3).

Ia menyebut saat ini besaran dana BOS sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan sekolah dan daerah. Dengan begitu, Nadiem menilai seharusnya dana BOS bisa digunakan untuk memastikan protokol kesehatan bisa terlaksana.

Atas keputusan tersebut, kata Nadiem, pihaknya pun memastikan bantuan subsidi kuota tahun ini tidak akan dilanjutkan setelah Mei. Dengan harapan Tahun Ajaran 2021/2022 sudah dilakukan tatap muka.

“Kalau ada sekolah yang masih PJJ. Sudah jelas kebutuhan yang paling kritis adalah bagaimana secara aman kembali tatap muka. Jadi tolong dana BOS dan fleksibilitas yang sudah kita berikan segera digunakan agar anak-anak kita bisa masuk, tatap muka lagi dengan protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca juga: Batang Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka PAUD-SMP Pekan Depan

Sebelumnya, juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah belum berubah pikiran terkait wacana pembukaan sekolah meskipun kasus mutasi virus SARs-CoV-2 B117 baru ditemukan di Indonesia.

Sementara epidemiolog dari Universitas Indonesia, Hermawan Saputra menilai pemerintah perlu mengevaluasi ulang wacana pembukaan sekolah dengan adanya mutasi asal Inggris itu. Ia memperingatkan agar Indonesia tak mengulang kesalahan ketika meremehkan kasus covid-19 di awal pandemi.

Kekhawatiran terkait pembukaan sekolah pun tak hanya mencuat karena adanya mutasi virus baru. Orang tua juga belum yakin belajar tatap muka aman karena siswa belum bisa divaksin. Di kalangan pendidikan tinggi, sejumlah kampus menyerukan agar mahasiswa mendapat prioritas vaksin sebelum belajar tatap muka.

“Sekarang dengan adanya strain (virus corona) baru ini, rencana itu (pembukaan sekolah) sangat mungkin berubah dan harus dievaluasi,” katanya, dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (3/3).

Menurut Hermawan, pemerintah harus belajar dari kesalahan penanganan Covid-19 pada setahun belakangan. Ia mengatakan pemerintah tak bisa meremehkan varian baru ini seperti yang dilakukan sebelumnya.

Berkaca pada situasi di Inggris, asal mutasi virus corona B117, Hermawan menyebut varian virus baru itu bisa menurunkan tingkat efikasi dan efektivitas vaksin Covid-19. Sementara pembukaan sekolah salah satunya mempertimbangkan cakupan vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan.

“Ada penurunan signifikan dari imunitas yang terbentuk di Inggris terkait efektivitas vaksin dengan merebaknya B117 di Inggris,” tuturnya.

“Dari negara lain kita belajar, berarti ada potensi gangguan dari efektivitas vaksin. Apalagi Sinovac yang kita pakai efikasinya 65,3 persen. Kalau ini sudah kecil, bisa terganggu terhadap efektivitas vaksinasi kalau (virus B117) merebak di Indonesia,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*