Sekjen PBB Serukan Kerja Sama Internasional Akhiri Kekerasan Militer Myanmar

Para pengunjuk rasa yang duduk di jalan yang diblokir oleh polisi dengan perlengkapan anti huru hara menunjukkan hormat tiga jari, simbol perlawanan, selama protes di Mandalay, Myanmar, Selasa, 9 Februari 2021 (Foto: apnews.com)
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Sekjen PBB Antonio Guterres menyerukan kerja sama kolektif negara-negara untuk mengakhiri kekerasan di Myanmar, menyusul meningkatnya jumlah warga yang tewas dalam aksi demonstrasi menolak kudeta militer mulai 1 Februari lalu.

Guterres mengaku terkejut dengan meningkatnya kekerasan di Myanmar yang dilakukan oleh rezim junta militer Myanmar. Hal itu disampaikan melalui akun Twitter-nya pada Selasa (16/2/2021).

“Saya mendorong komunitas internasional untuk bekerja secara kolektif dan bilateral untuk membantu mengakhiri penindasan,” tulisnya.

Senada diungkapkan Juru Bicara PBB Stéphane Dujarric dalam pernyataannya mengatakan tindakan militer Myanmar berupa pembunuhan demonstran, penangkapan sewenang-wenang, dan penyiksaan tahanan melanggar HAM.

Junta militer Myanmar juga dianggap menentang seruan Dewan Keamanan PBB yang sudah memintanya untuk menahan diri, melakukan dialog, dan kembali ke jalur demokrasi Myanmar.

Baca juga: 183 Tewas Selama Krisis Politik Myanmar, Sejumlah WNI Ditampung di Sekolah Indonesia di Yangon

“Dia mendesak militer untuk mengizinkan kunjungan utusan khusus PBB sebagai elemen penting dalam menenangkan situasi dan menyiapkan mimbar untuk dialog dan kembali ke demokrasi,” ujarnya.

Dilansir dari Channel News Asia pada Selasa (16/3/2021) melaporkan bahwa sedikitnya 20 orang tewas di Myanmar pada Senin dalam unjuk rasa. Pasukan keamanan menembakkan gas air mata, senjata karet hingga senjata api untuk memukul mundur para demonstran di penjuru negeri.

Sementara itu Sebanyak 183 orang dilaporkan tewas dibunuh aparat keamanan Myanmar sejak kudeta militer berlangsung pada 1 Februari lalu.

Lembaga pemantau hak asasi manusia, Assistance Association for Political Prisoners (AAPP), melaporkan pasukan keamanan Myanmar semakin brutal menindak demonstran menyusul pemberontakan anti-kudeta yang terus meluas di seluruh penjuru negara Asia Tenggara itu.

Portal berita Myanmar Now melaporkan protes anti-kudeta terus berlangsung di seluruh negeri pada Senin, termasuk di distrik Yangon, Hlaingthaya, tempat kerusuhan dan pembakaran puluhan pabrik China terjadi sehari sebelumnya.

AAPP mengatakan setidaknya 74 orang tewas pada Minggu (14/3). Dengan begitu, sejauh ini total 183 orang telah terbunuh oleh pasukan keamanan.

Selain PBB, Amerika Serikat, China, dan Inggris mengutuk kekerasan yang memakan korban rakyat sipil di Myanmar. “Junta menanggapi seruan untuk pemulihan demokrasi di Burma dengan peluru. Amerika Serikat terus meminta semua negara untuk mengambil tindakan konkret untuk menentang kudeta dan kekerasan yang meningkat,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jalina Porter kepada wartawan pada hari Senin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*