Pemerintah Kongo Larang Aktivitas Penambangan di Lokasi Penemuan Gunung Emas di Provinsi Kivu Selatan

Ilustrasi
Mari berbagi

JoSS, KONGO – Pemerintah Kongo akhirnya melarangan aktivitas penambangan dilokasi penemuan pegunungan bijih emas di wilayah Luhihi di provinsi Kivu Selatan yang menarik ribuan penggali datang ke lokasi tersebut.

Pejabat Pertambangan Kivu Selatan, Venant Burume Muhigirwa mengkonfirmasi bahwa penemuan bijih kaya emas di wilayah Luhihi pada akhir Februari lalu telah menyebabkan demam emas, sehingga memberi tekanan pada desa kecil yang terletak 50 kilometer dari ibu kota provinsi, Bukavu.

Diketahui Republic Demokratik Kongo baru saja menghebohkan publik setelah sebuah video mengenai adanya gunung emas di negara itu viral di media sosial. Dalam video yang tersebar, terlihat banyak penduduk desa di provinsi Kivu Selatan, Kongo, beramai-ramai menggunakan sekop, alat-alat lainnya bahkan menggunakan tangan kosong untuk mencari emas.

Seperti dilansir Reuters dan Hindustan Times, Jumat (12/3/2021) video lainnya menunjukkan penduduk setempat membersihkan tanah yang menempel pada emas dan mengumpulkannya di wadah lain.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah untuk menemukan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emasnya,” kata Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikan video viral itu di Twitter.

Baca juga: Setelah Singapura dan Indonesia, Giliran Inggris Minta Warganya Tinggalkan Myanmar

Setelah kejadian tersebut, pada Senin (8/3) pemerintah menghentikan semua kegiatan penambangan di dalam dan sekitar desa. Para penambang, pedagang, dan anggota angkatan bersenjata Republik Kongo (FARDC) diminta untuk meninggalkan lokasi tambang sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Penambangan subsisten – mengekstraksi mineral dengan peralatan yang belum sempurna – adalah hal yang umum di seluruh Republik Demokratik Kongo, dan penambangan emas “artisanal” tersebar luas di bagian timur dan timur laut negara penghasil emas itu.

Muhigirwa mengatakan penghentian sementara kegiatan penambangan di daerah tersebut akan memungkinkan pihak berwenang untuk mengidentifikasi penambang artisanal serta memastikan mereka terdaftar dengan benar di regulator pertambangan.

“Kehadiran FARDC di lokasi tambang – dilarang di bawah kode penambangan Kongo – berkontribusi pada “kekacauan” di Luhihi. Ketertiban harus ditegakkan kembali dalam kegiatan pertambangan di Luhihi “tidak hanya untuk melindungi kehidupan tetapi juga untuk memastikan pencarian emas yang diproduksi sesuai dengan hukum Kongo,” demikian keputusan yang dikeluarkan Menteri Pertambangan.

Tahun lalu, Kelompok Ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa provinsi Kivu Utara, Kivu Selatan dan Ituri melaporkan produksi resmi lebih dari 60 kilogram emas artisanal pada 2019, tapi kenyataannya mengekspor lebih dari 70 kg, menunjukkan produksi yang tidak dilaporkan secara besar-besaran. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*