Pemerintah Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13

Ilustrasi (Foto: joss.co.id)
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 pada Kamis (4/3/2021) mulai pada pukul 12.00 WIB. Pendataran ini akan dibuka hingga beberapa hari ke depan. Manajemen Kartu Prakerja mengimbau agar masyarakat tidak tergesa-gesa mendaftar pada hari ini.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan pendaftaran Karu Prakerja gelombang 13 akan dibuka hingga beberapa hari ke depan. “Dari pengalaman selama ini kami buka antara 4-5 hari tergantung animo masyarakat. Kami akan umumkan jadwal penutupannya,” katanya, Kamis, (4/3/2021).

Louisa menjelaskan, proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang. “Jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat,” ucapnya.

Lebih jauh, ia mengingatkan ada aturan baru yang diterapkan bagi penerima Kartu Prakerja tahun 2021. Kali ini peserta wajib untuk menyaksikan 3 video induksi sebelum memulai pembelian pelatihan yang disasar.

“Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar 1 juta rupiah akan muncul di dashboard mereka,” ucap Louisa.

Baca juga: Pemerintah Bakal Pidanakan Pemalsu Identitas Peserta Kartu Prakerja

Namun, sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, peserta wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit. Video induksi ini, kata Louisa, akan membantu peserta memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening.

Adapun layanan pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang 12 telah resmi ditutup kemarin. Insentif pelatihan bagi 600.000 penerima Kartu Prakerja gelombang 12 akan segera dikirimkan.

Pemerintah pada semester I tahun 2021 menargetkan penerima insentif Kartu Prakerja sebanyak 2,7 juta orang. Adapun anggaran yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 10 triliun.

Besaran insentif yang didapatkan peserta Kartu Prakerja pada 2021 dipastikan masih sama dengan besaran tahun lalu, yaitu sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya adalah Rp 1 juta untuk pelatihan, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 selama 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*