HTM Hanya Lima Ribuan, Tiga Curug di Kaki Gunung Ungaran Ini Wajib Anda Kunjungi

Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNGARAN, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Semarang ini memiliki keindahan alam yang menawan. Letaknya yang berada di kaki Gunung Ungaran menjadi berkah, karena banyak terdapat air terjun alami atau biasa disebut curug yang dapat menjadi destinasi wisata alam yang menawan.

Sedikitnya ada tiga curug yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di kabupaten yang terletak bagian selatan Kota Semarang ini, yakni Curug Semirang, Curug Lawe dan Curug Benowo.

Pertama yakni Air Terjun Semirang atau juga dikenal dengan nama Curug Semirang merupakan sebuah tempat wisata ungaran yang cukup populer. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 45 meter, air terjun ini memberikan keindahan dan kesejukan sebuah air terjun.

Lahan wisata alam ini memiliki luas kurang-lebih 10 hektar. Pengunjung tempat wisata Ungaran ini yang travelling, tantangan, fotografi, refreshing, hiking, atau olahraga, patut menengok si air terjun tersembunyi ini. Tidak hanya main sendiri, pengunjung bisa juga datang bersama rekan dan keluarga.

Suasana lingkungan sangat segar. Ada banyak sekali jenis pepohonan rindang yang mungkin pengunjung tidak tahu namanya. Belum lagi selalu ada kicauan burung dan kadal melintas sesekali di dekat kaki. Ada jenis satwa langka yang dilindungi tinggal di sini, yaitu jenis tupai (bajing) berekor panjang.

Dari pintu masuk tempat wisata Ungaran ini, pengunjung perlu berjalan kaki mendaki bukit kira-kira 1 kilometer jauhnya. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan mendengar gemericik air dan menyeberangi sungai kecil yang sebenarnya bermuara pada air terjun.

Di tepi jalan disediakan tempat duduk jika perlu beristirahat. Bahkan, terdapat pula beberapa pedagang yang menjajakan makanan. Lokasi berada di hutan Ungaran Barat. Dengan tiket masuk hanya sekitar Rp5.000.

Kedua yakni Curug Lawe, tempat wisata ini menyajikan pesona air terjun yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran, wisata alam yang satu ini menjadi potensi wisata yang nggak boleh dilewatkan.

Dikelilingi hutan lebat yang sangat hijau, pengunjug bisa menyapa berbagai jenis hewan liar yang sering melintas di area air terjun. Kebanyakan burung-burung yang tengah mencari makanan berupa ikan di kolam curug maupun kembali ke sarangnya di atas pohon tertinggi.

Baca juga: Ada Tempat Liburan dan Spot Foto Baru di Sragen, Kampung Wisata Lampion

Keunikan Curug Lawe terdapat pada jernihnya air yang jatuh dari ketinggian 10 meter. Berasal dari sungai yang mengalir deras dari Gunung Ungaran. Curug Lawe membalut diri dengan tebing melingkar, seakan-akan pengunjung berada di sebuah sumur yang dalam.

Daya tarik Curug Lawe itu sendiri adalah air terjun yang berada di tengah dari cekungan sebuah tebing. Selain itu, debit air di curug ini juga terbilang cukul deras. Sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun jika tidak ingin kebasahan.

Di saat trekking menuju Curug tempat wisata Ungaran ini, pengunjung akan melewati jembatan. Jembatan ini disebut sebagai Jembatan Romantis. Pengunjung suka berfoto di jembatan tersebut. Selama perjalanan, pengunjung juga akan menemui warung penjual makanan.

Lokasi Curug Lawe ada di Kalisidi, Ungaran Barat, dengan tarif tiket masuk hanya Rp5.000 saja.

Ketiga Curug Benowo. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 70 meter, pengunjung tempat wisata Ungaran ini bisa mendengarkan gemuruh air yang cukup deras dan memanjakan telinga. Bagi yang senang berswafoto, pengelola juga menyediakan jembatan kayu yang bisa dijadikan latar swafoto.

Berada di satu sisi lereng gunung Ungaran, Curug Benowo merupakan salah satu air terjun yang relatif masih alami, menyajikan pemandangan yang penuh eksotisme. Keunikan dari Curug Benowo ini adalah memiliki banyaknya sekungan tebing yang begitu tinggi. Kalau bisa di hitung maka total yang ada sekitar 25 buah tebing.

Curug Lawe dan Curug Benowo punya pintu masuk yang sama. Kendati begitu, jalur menuju Curug Benowo cenderung jauh lebih sulit dibandingkan dengan Curug Lawe. Untuk menuju Curug Benowo, pengunjung harus melalui jalur yang sedikit menanjak dan dipenuhi dengan bebatuan.

Lokasi berada di hutan Kalisidi, Ungaran Barat dengan harga tiket masuk hanya Rp4.000 per orang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*