Dewa Kipas Nyerah di Ronde Ketiga Irene Kharisma Sukandar Dapat Hadiah Rp200 Juta

Pertandingan catur antara Dewa Kipas dengan Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar di youtube podcast Deddy Corbuzier
Mari berbagi

PECATUR Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar mendapat uang hadiah Rp200 juta usai mengalahkan secara telak Dadang Subur alias Dewa Kipas dalam pertandingan catur terbuka, Senin (22/3).

Dadang Subur alias Dewa Kipas memutuskan menyerah di ronde ketiga saat berduel dengan Grand Master (GM) catur Irene Kharisma Sukandar. Dengan begitu, Dewa Kipas yang dihabisi tiga ronde oleh Irene mengaku kalah dalam pertarungan persahabatan catur yang diselenggarakan Deddy Corbuzier dan disiarkan melalui YouTube.

Irene yang merupakan pecatur wanita pertama Indonesia yang memiliki gelar Woman Grandmaster (WGM) dan International Master (IM) menunjukkan kemampuan terbaik saat melawan Dewa Kipas.

Kemenangan atas Dewa Kipas membuat Irene berhak atas uang hadiah Rp200 juta. Sementara Dewa Kipas mendapat uang hadiah Rp100 juta.

Di babak pertama, Irene Sukandar memegang buah putih dan melakukan pembukaan Caro-Kann. Irene lebih dulu melakukan rokade yang tak lama diikuti Dadang.

Setelah hampir 5 menit babak pertama berlangsung kedua pemain sama-sama bertukar kuda dan satu poin. Namun, Dewa Kipas melakukan blunder kehilangan satu perwira yang menjadi keuntungan bagi Irene.

Dadang pun akhirnya menyerah karena mendapat serangan bertubi-tubi sebelum benar-benar menerima skakmat.

Baca juga: Tetap Cantik di Usia Setengah Abad, Postingan Sophia Latjuba Jadi Trending Topik di Twitter

Di babak kedua, Dadang mencoba untuk melakukan inisiatif menyerang dengan mencoba lebih banyak memainkan kuda. Namun, Irene juga melakukan serangan lewat kuda.

Di babak kedua, Dadang mencoba untuk melakukan inisiatif menyerang dengan mencoba lebih banyak memainkan kuda. Namun, Irene juga melakukan serangan balik yang juga mengandalkan kuda.

Dadang lagi-lagi banyak melakukan blunder fatal dan terpaksa kembali menyerah setelah berada di bawah tekanan usai kehilangan satu kuda dan perwira. Situasi ini jelas membantu Irene untuk unggul amunisi serangan dan berada dalam posisi nyaris skakmat.

Pada babak ketiga, Irene yang kembali memegang buah putih jelas tampak lebih unggul kualitas dari Dadang. Irene bahkan sempat melakukan double attack melalui kuda yang mengancam menteri dan benteng.

Baru empat menit pertandingan berjalan, Irene sudah jauh lebih unggul buah catur. Dadang pun akhirnya menyerah untuk kali ketiga di laga ini.

Duel dilakukan dengan sistem empat babak masing-masing berdurasi 10 menit. Jika duel imbang 2-2 maka harus dilakukan babak penentu.

Duel ini dipandu GM Susanto dan WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite dan diawasi satu wasit dari Percasi.

Duel Dewa Kipas vs Irene akan jadi babak akhir dari kehebohan yang terjadi selama satu bulan terakhir. Sebelumnya, Dewa Kipas diperbincangkan oleh banyak orang di dunia maya karena aksinya dalam ajang catur online chess.com.

Dadang Subur alias Dewa Kipas mendadak viral setelah akunnya di-banned Chess.com usai menang lawan GothamChess yang dimiliki IM Levy Rozman asal Amerika Serikat.

Netizen Indonesia yang terkenal kompak mendukung Dewa Kipas dan menyerang akun Chess.com dan GothamChess. Situasi ini membuat Irene tergerak untuk buka suara dan merilis surat terbuka.

Irene menduga Dadang melakukan kecurangan dan mencoreng wajah pecatur Indonesia. Dadang mengaku sakit hati dan menantang Irene Kharisma. Irene kemudian menerima tantangan Dadang yang dikenal sebagai Dewa Kipas. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*