Seniman Solo Bikin Mural Untuk Rudi, Kata-katanya Bikin Baper

Mural FX Hadi Rudyatmo (Foto: merdeka.com)
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Beberapa seniman mural kota Solo menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melalui karya mural. Pria yang akrab disapa Rudy ini akan mengakhiri masa tugasnya pada 17 Februari 2021 mendatang, setelah pengabdiannya selama 15 tahun terakhir.

Para seniman melukis sejumlah mural terkait Wali Kota Rudy salah satunya di tembok panjang sebuah gudang di Jl. Juanda 240 Solo. Mural tersebut, menurut Direktur Mewarnai Indonesia, Irul Hidayat, menampilkan sisi jiwa merakyat dan mengayomi yang selama ini ada dalam sosok Rudy.

Melalui siaran pers Kamis (11/2/2021), Irl Hidayat menyampaikan dalam karya mural tersebut tampak beberapa visual yang dikemas secara parodial yaitu sosok figur Pak Rudy dalam pose kepala plontos tengah mencukur Gibran Rakabuming Raka yang merupakan wali kota terpilih periode berikutnya.

“Visual ini seolah menggambarkan tentang estafet kepemimpinan dan bentuk pengayoman serta bimbingan seorang F.X. Rudy kepada anak muda untuk berani berkorban ketika menjadi seorang pemimpin,” jelasnya, dikutip dari  Solopos.com.

Baca juga: Seniman Lukis Buat Alat Dapur Dengan Sentuhan Seni

Sementara di sisi lainnya, tampak visual sosok Pak Rudy berkendara naik sepeda motor Honda Grand. Dia menjelaskan sosok Pak Rudy dengan pakaian dinas putih bersih tengah menyapu juga tampak divisualkan dalam mural ini.

Selain mural naratif tersebut, ungkap Irul,beberapa seniman mural juga membuat mural bertema sosok Pak Rudy yang njawani dengan tagline “Maturnuwun” di sekitaran perempatan Ngarsopuro serta juga di Jl. Juanda sisi timur.

“Hal ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas pengabdian Pak Rudy selama ini bagi kota Solo, sekaligus juga sebagai penanda sejarah bahwa di Solo pernah memiliki figur wali kota yang unik, sederhana, dan merakyat seperti Pak Rudy,” jelasnya.

Jelang purnatugas, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo meminta warga memegang lima budaya hidup, di antaranya menjaga dan mengamankan Kota Solo.

“Kepada masyarakat agar tetap membangun lima budaya hidup, yaitu gotong-royong, memiliki, merawat, menjaga, serta mengamankan Kota Solo dan isinya,” katanya di Solo, Selasa.

Ia juga mengapresiasi munculnya sejumlah spanduk di beberapa lokasi di Kota Solo berisikan ucapan terima kasih dari warga kepada Rudy dan wakilnya Achmad Purnomo atas kepemimpinan mereka selama ini.

“Selama 15 tahun saya sudah mengabdi kepada masyarakat. Hal ini (ucapan terima kasih) merupakan salah satu yang wajarlah bagi masyarakat. Apalagi selama ini saya ‘nggak’ kemana-mana, khusus mengurusi Kota Solo,” katanya, dilansir dari Antara.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*