Peneliti Vaksin Covid-19 UNDIP dr Yetty Sebut Kelebihan Vaksin Nusantara Karena Autolog

Ilustrasi (Foto: nyt.com)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang  dan RSUP dr Kariadi Semarang masuk dalam tim pengembangan dan uji klinis Vaksin Nusantara yang diprakarsai oleh Dokter Terawan Agus Putranto. Vaksin Covid-19 karya anak bangsa itu kini telah selesai fase satu bersiap menuju dalam tahap uji klinis fase II . Penelitian dilaksanakan di RSUP Dokter Kariadi Semarang.

Anggota Tim Peneliti vaksin Nusantara dari UNDIP Semarang dr. Yetty Movieta Nency, Sp.AK.,IBCLC menjelaskan Vaksin Nusantara menggunakan teknologi sel Dendritik, kelebihan vaksin dendritik ini adalah karena autolog ( dari darah  pasien sendiri) dan tidak mengandung ajuvan, komponen binatang.

Dengan kandungan tersebut, lanjutnya maka diharapkan akan aman diterimakan ke subyek, selain itu juga harga sebanding dengan vaksin lain yg beredar. Karena bersifat individual dan Onsite maka akan dapat memotong biaya penyimpanan dan  pengiriman.

“Tidak ada komponen virus yang di suntikkan ke dalam tubuh pasien. Proses pembuatannya tidak perlu teknologi yang  terlalu rumit,” katanya.

Untuk itu, Yetty mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah untuk vaksin covid, karena kondisi sudah emergensi. Hal itu terlihat dari angka kasus yang tinggi dan angka kematian yang terus bertambah.

“Pengobatan pasti belum diketahui secara pasti sehingga saat ini vaksinasi adalah solusi untuk memutus rantai covid dengan cara menimbulkan imunitas pada populasi,” kata Dosen Fakultas Kedokteran Undip ini.

Disebutkan penelitian vaksin covid banyak dilakukan diseluruh dunia, masing masing vaksin ada kurang dan lebihnya. Tetapi vaksin yang sudah beredar di Indonesia semuanya dalam ijin BPOM sehingga sudah diteliti dengan sangat ketat tentang keamanan dan efikasinya.

Sebelumnya, Mantan Menteri Kesehatan,  Terawan Agus Putranto menyebut Vaksin Nusantara menggunakan teknologi sel Dendritik di mana satu vaksin dibuat hanya diperuntukkan untuk satu orang sehingga disebut aman bagi orang yang memiliki komorbid.

Terawan mengatakan kerjasama antara PT. Rama Emerald Multi Sukses (Rama Pharma) bersama AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat, Universitas Diponegoro (Undip), dan RSUP dr. Kariadi Semarang melakukan pengembangan dan uji klinis Vaksin Nusantara.

“Uji klinis I yang selesai dengan hasil baik, imunitas baik dan hasil safety. Kan uji klinis I mengontrol safety dari pasien. Dari 30 pasien imunogenitasnya baik,” jelasnya, dalam chanel YouTube Kompastv, Selasa (16/2/2021).

Cara kerja vaksin  dendritik adalah berasal dari sel dendritik autolog (komponen dari sel darah putih) yang dipaparkan dengan antigen protein S dari SARS-COV-2. Sel dendritik yang telah mengenal antigen akan diinjeksikan ke dalam tubuh kembali. Di dalam tubuh, sel dendritik tersebut akan memicu sel-sel imun lain untuk membentuk sistem pertahanan memori terhadap SARS COV-2.

“Vaksin berbasis dendritik sel. Dikenalkan dengan antigen COVID- 19 jadi punya memori COVID-19. Proses simpel dengan inkubasi seminggu kemudian jadi vaksin individual dan disuntikkan,” tegasnya. Konsep vaksinasi general diubah personal menurut Terawan cukup penting karena kondisi komorbid masing-masing individu berbeda. Meski demikian ia bisa memastikan produksi massal tetap bisa dilakukan walau sifatnya individual.

Berbagai proses sudah dilalui dalam pengembangan vaksin tersebut antara lain yaitu mulai 12 Oktober 2020 yaitu penetapan Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Sel Dendritik oleh Kemenkes KMK No. HK.01.07/MENKES/2646/2020.

Kemudian tanggal 23 Desember 2020 sampai 6 Januari 2021 penyuntikan uji klinis fase pertama hingga 11 Januari 2021 dan 3 Februarj 2021 dilakukan monitoring dan evaluasi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*